..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Realitas Biologis Sebagai Pembenar Tindakan Poligami Perspektif Gender

Nahari, Rahmatun (2022) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Realitas Biologis Sebagai Pembenar Tindakan Poligami Perspektif Gender. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gerakan feminis di Indonesia menuntut adanya kesetaraan gender secara kuantitatif, sehingga poligami dinilai tidak berkeadilan gender. Akan tetapi, fakta lain ditemukan di dunia kedokteran mengenai realitas biologis tentang perbedaan struktur otak dan hormon laki-laki dan perempuan, sehingga menguatkan diperbolehkannya laki-laki untuk melakukan poligami. Dalam penelitian ini akan meneliti tentang sikap aliran gerakan gender di Indonesia terhadap perbedaan realitas biologis antara laki-laki dan perempuan di atas. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan merupakan penelitian kualitatif. Kerangka pemikitran dalam penelitian ini berpijak pada teori kesetaraan gender dengan kacamata tipologi gerakan gender. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama, gerakan gender di Indonesia berdasarkan pola dan metode yang digunakan menganut teori nurture dan menghendaki kesetaraan menyeluruh tanpa memandang perbedaan biologis termasuk hormon dan struktur otak antara laki-laki dan perempuan walaupun hal ini membentuk perilaku seksual yang berbeda di antara keduanya. Kedua, gerakan gender di Indonesia didominasi oleh feminisme bercorak liberal dan sosialis yang menganut konsep aliran nurture, sehingga gender di Indonesia dengan aliran nurture menentang dan menolak poligami karena banyak menimbulkan ketidakadilan gender terhadap perempuan tanpa mau mempertimbangkan adanya perbedaan faktor alamiah dari unsur biologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Mun'im
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:34
Last Modified: 18 Nov 2022 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21019

Actions (login required)

View Item View Item