Efektivitas Pendaftaran Nikah Secara Online melalui Simkah Sebagai Upaya Mempermudah Administrasi Pernikahan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di KUA Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo)

Utami, Afriana Dwi (2022) Efektivitas Pendaftaran Nikah Secara Online melalui Simkah Sebagai Upaya Mempermudah Administrasi Pernikahan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di KUA Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETHESES-AFRIANA DWI UTAMI 101180004 HKI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Utami, Afriana Dwi. 2022. Efektivitas Pendaftaran Nikah Secara Online Melalui Simkah Sebagai Upaya Mempermudah Administrasi Pernikahan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di KUA Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ahmad Syakirin, S.H., M.H.

Kata Kunci/keyword: Efektivitas, Pendaftaran Nikah, SIMKAH

Pada masa pandemi Covid-19 Dirjen Bimas Islam mengerluarkan
peraturan tentang pendaftaran nikah yang dilakukan secara online melalui SIMKAH web. Peraturan ini diterapkan secara menyeluruh di KUA Kecamatan se-Indonesia, termasuk juga KUA Kecamatan Sukorejo untuk menghindari penularan virus. Sehingga KUA Kecamatan Sukorejo bisa memberikan pelayan yang optimal kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab kefektifan pendaftaran nikah secara online
melalui SIMKAH dan apa saja faktor penunjang dan penghambatnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
implementasi pendaftaran nikah secara online melalui SIMKAH sebagai
upaya mempermudah administrasi pernikahan pada masa pandemi Covid�19 di KUA Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo ditinjau dari efektivitas hukum? 2) Apa saja faktor penunjang dan penghambat efektivitas pendaftaran nikah secara online melalui SIMKAH sebagai upaya mempermudah administrasi pernikahan pada masa pandemi Covid�19 di KUA Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo?Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif.
Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara untuk menggali data dan mereduksinya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa efektivitas
pendaftaran nikah secara online melalui SIMKAH pada masa pandemi Covid-19 di KUA Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo belum berjalan efektif. Faktor penunjang dan penghambat pendaftaran nikah secara online melalui SIMKAH pada masa pandemi Covid-19 di KUA Kecamatan Sukorejo, yang mana faktor penunjang pendaftaran nikah secara online meliputi kemauan atau kesadaran masyarakat, adanya peraturan yang dibuat dan SIMKAH sudah terintergrasi dengan Disdukcapil. Sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya
pemahaman terhadap teknologi, server SIMKAH hanya satu se-Indonesia, dan tidak stabilnya jaringan internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Syakirin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:36
Last Modified: 18 Nov 2022 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21017

Actions (login required)

View Item View Item