Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Pengelolaan Wakaf Tunai Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Istiqomah

Adipura, Gilang (2022) Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Pengelolaan Wakaf Tunai Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Istiqomah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180145-GILANG ADIPURA-HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adipura, Gilang. 2022. Tinjauan Hukum Islam Dan Hukum Positif Terhadap Pengelolahan Wakaf Tunai (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Istiqomah Ngumpul Balong Kabupaten Ponorogo). Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Umarwan Sutopo, M.H.I.
Kata kunci/ keywords: Wakaf, Hukum Islam, Hukum Positif
Wakaf merupakan bentuk muamalah maliyah (harta benda). Wakaf berarti sesuatu yang ditahan atau dihentikan, sedangkan definisi wakaf menurut undang-undang adalah perbuatan hukum wakaf untuk memisahkan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu. Wakaf yang masuk di Pondok Pesantren Darul Istiqomah sudah ada setiap tahunya tetapi belum ada lembaga yang secara khusus yang mengelola wakaf.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk akad dalam wakaf tunai di pondok pesantren Darul Istiqomah Ngumpul kecamatan Balong kabupaten Ponorogo di tinjau dari hukum islam dan UU No. 41 tahun 2004? 2) Bagaimana sistem pengelolaan aset wakaf tunai di pondok pesantren Darul Istiqomah ngumpul kecamatan balong kabupaten ponorogo di tinjau dari hukum islam dan UU No. 41 tahun 2004?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk akad dan pengelolalaan wakaf tunai di pondok pesantren Darul Istiqomah hanya mengunakan prosedur hukum islam dan belum sesuai dengan peraturan hukum positif. Hal ini dilihat dari praktek wakaf tunai di Pondok Pesantren Darul Istiqomah tidak dilakukan melalui Lembaga Keuangan Syariah (LKS)/ LKS WU (wakaf uang) dan tidak berakhir dengan adanya akta ikrar wakaf uang (AIW-U) sebagaimana diatur dalam PP No. 42 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan UU No. 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Pengelolaan aset wakaf tunai di Pondok Pesantren Darul Istiqomah dikelola dengan cara tradisional/konsumtif hingga dapat dipastikan belum dimanfaatkan dan dikelola secara strategis dan produktif. Padahal masih bisa dikembangkan dan dimanajemen lebih lanjut dari aset wakaf dengan catatan sesuai Pasal 28 UU. No. 41. Tahun 2004 serta UU. No. 42 Tahun 2004 dan tidak bersifat ribawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umarwan Sutopo
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:34
Last Modified: 18 Nov 2022 02:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21015

Actions (login required)

View Item View Item