TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR DI DESA SUKOWIDI, PANEKAN, MAGETAN

Solikah, Siti (2022) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP USAHA PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR DI DESA SUKOWIDI, PANEKAN, MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180320_Siti Solikah_Ekonomi Syariah-1.pdf

Download (992kB) | Preview

Abstract

Abstrak
Solikah, Siti. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Pelaksanaan Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur Di Desa Sukowidi Panekan Magetan. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata kunci: Etika bisnis Islam, Pelaksanaan usaha peternakan ayam
Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya peternakan ayam, di Desa Sukowidi, Panekan, Magetan, terdapat dua peternakan ayam ras petelur, milik bapak Edy dan bapak Sugeng. Peternakan ayam ras petelur tersebut didirikan ditengah pemukiman warga. Peternakan tersebut memiliki dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya yaitu bau kotoran ayam, debu yang bertebaran, lalat yang bertebaran, suara kebisingan dari ayam, kurang layaknya kondisi bangunan kandang. Dampak negatifnya yaitu dapat memudahkan warga dalam mencari pupuk secara terjangkau dan murah, memudahkan warga dalam mencari kebutuhan telur dan ayam secara terjangkau dan murah.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan usaha peternakan ayam ras petelur ditengah pemukiman warga di Desa Sukowidi, Panekan, Magetan, untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pertimbangan peternak dalam menentukan tempat ditinjau dari etika bisnis Islam, untuk mengetahui dampak pelaksanaan usaha peternakan ayam ras petelur ditengah pemukiman warga, terhadap lingkungan ditinjau dari etika bisnis Islam.
Hasil penelitian tinjauan etika bisnis Islam terhadap 1) Pelaksanaan usaha peternakan ayam ras petelur di tengah pemukiman warga di Desa Sukowidi, Panekan, Magetan, kedua pemilik peternakan ayam ras petelur dalam menjalankan usaha peternakan awal mulanya tidak melakukan perizinan dan meminta pertimbangan kepada pihak yang bersangkutan. 2) Faktor-faktor yang menjadi pertimbangkan peternak dalam menentukan tempat yaitu dekatnya lokasi yang dipilih dekat dengan rumah pemilik usaha. 3) Dampak yang ditimbulkan dari peternakan yang pertama milik bapak Edy Suyanto yaitu bau kotoranya, debu yang bertebaran, lalat yang bertebaran dan kebisingan yang disebabkan ayam-ayam tersebut. Dan kurang layaknya kondisi bangunan kandang. kemudian untuk peternakan ayam yang kedua milik bapak Sugeng tidak menimbulkan dampak kepada warga sekitar meskipun kandang berada di tengah pemukiman warga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lutfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:25
Last Modified: 18 Nov 2022 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21009

Actions (login required)

View Item View Item