Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Jual Beli Online di Tetty Nymas Grosir Cekok Ponorogo

Rahayu, Nila (2022) Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Jual Beli Online di Tetty Nymas Grosir Cekok Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180265_NILA RAHAYU_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahayu, Nila. 2022. Analisis penerapan etika bisnis islam dalam jual beli online di Tetty Nymas Grosir Cekok Ponorogo Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Muchtim Humaidi, M. IRKH.
Kata kunci: Etika, Kejujuran, Kendala
Islam memberikan hak kebebasan setiap manusia untuk menjalankan berbagai kegiatan yang telah diatur dengan etika bisnis islam, salah satunya yaitu berdagang (jual beli). Sebagai pelaku usaha muslim diharuskan untuk melakukan kejujuran. Namun, secara praktis kondisi tersebut masih belum sejalan dengan realitas yang ada di Tetty Nymas Grosir Cekok Ponorogo, dimana tindakan dan ucapan dari pelaku usaha tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana usaha jual beli online di Tetty Nymas Grosir Ponorogo dalam etika bisnis islam, bagaimana kendala penerapan prinsip etika bisnis islam dalam jual beli online Tetty Nymas Grosir Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan analisis data secara deduktif.
Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa jual beli online di Tetty Nymas Grosir Cekok Ponorogo, belum menerapkan adanya etika bisnis islam. Hal ini terjadi karena tindakan pelaku usaha yang masih melakukan tindakan memanipulasi informasi. Selain itu pelaku usaha masih memikirkan kepentingan pribadi dan tidak mempedulikan hak pembeli. Sehingga hal ini sangat berdampak rugi bagi pembeli, karena produk yang diterima tidak sesuai dengan kenyataannya. Kendala dalam penerapan prinsip etika bisnis ini yaitu banyaknya kompetitor yang bermunculan menjalankan bisnis yang sama persis dengan Tetty Nymas Grosir. Untuk mewujudkan hal tersebut, pelaku usaha melakukan tindakan yang menyimpang dari kejujuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:19
Last Modified: 18 Nov 2022 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20999

Actions (login required)

View Item View Item