TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JASA PENGIRIMAN BARANG DI J&T CARGO PONOROGO

Siti Khomariyah, S K (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JASA PENGIRIMAN BARANG DI J&T CARGO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180028_SITI KHOMARIYAH_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KHOMARIYAH, SITI, 2022. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jasa Pengiriman Barang Di J&T Cargo Ponorogo. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Martha Eri Safira, M.H.

Kata kunci: Ijarah, J&T Cargo
J&T Cargo adalah penyedia jasa ekspedisi yang banyak digunakan di lingkungan masyarakat. Kegiatan ini dalam Islam berkaitan dengan ijarah atas pekerjaan. Perusahaan J&T Cargo yang ada di Ponorogo harus bertanggung jawab jika ada barang yang hilang atau mengalami keterlambatan. Selain itu, perusahaan juga harus memberi kepastian kepada konsumen kapan barang yang dikirim oleh konsumen itu sampai tujuan. Berdasarkan prinsip ijarah apabila tidak ada keterbukaan dan kejelasan dalam transaksinya maka hal ini tentunya melanggar Hukum Islam.
Maka hal inilah yang menarik untuk diteliti terkait keterlambatan dan kerusakan barang di J&T Cargo Ponorogo. Berdasarkan latar belakang maka rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap keterlambatan barang di J&T Cargo Ponorogo? 2) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap kerusakan barang di J&T Cargo Ponorogo?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi dan wawancara. Selain itu wawancara dilakukan secara terstruktur dengan narasumber dan perusahaan J&T Cargo Ponorogo dan juga konsumen sebagai bentuk triangulasi keakuratan data. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada praktik pengiriman jasa di J&T Cargo Ponorogo meskipun pihak J&T Cargo masih menjadi yang diminati di Indonesia, tetapi juga sering terjadi keterlambatan dalam pengiriman, adanya barang rusak. Meskipun begitu pihak J&T Cargo tetap bertanggung jawab dan memberikan ganti rugi yang semestinya kepada pihak konsumen, dan mengenai keterlambatan barang biasanya pihak J&T memberikan struk atau resi kepada konsumen untuk mengetahui sampai mana barang dikirim.Sehinggal Hal tersebut tidak bertentangan dengan akad Ijarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Martha Eri Safira
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:05
Last Modified: 18 Nov 2022 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20997

Actions (login required)

View Item View Item