Citra Wanita Sholehah Dalam Novel Ayat-Ayat Langit Karya Muttaqin Dan Farida (Studi Analisis Wacana Kritis Sara Mills)

Azizah, Maftukhatul Azizah (2022) Citra Wanita Sholehah Dalam Novel Ayat-Ayat Langit Karya Muttaqin Dan Farida (Studi Analisis Wacana Kritis Sara Mills). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
302180028_Maftukhatul Azizah_KPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Maftukhatul Azizah, 2022. Analisis wacana Sara Mills Tentang Citra Wanita Sholehah Dalam Novel Ayat-Ayat Langit Karya Muttaqin Dan Farida.Asna Istya Marwantika, M.Kom.I
Kata Kunci: Analisis wacana, Citra Wanita, Novel
Sistem patriarki yang mendominasi sistem masyarakat mengakibatkan adanya kesenjangan dan ketidakadilan gender yang berpengaruh terhadap berbagai aspek kegiatan manusia. Hingga saat ini laki-laki memiliki peran yang mendominasi dibandingkan perempuan. Di samping itu juga, perempuan dianggap sebagai makhluk yang lemah daripada laki-laki dan menjadi inferior di masyarakat. Penilaian tersebut merupakan gambaran perempuan yang biasa disebut dengan citra perempuan. Kemunculan citra perempuan di dalam novel seringkali berkaitan dengan citra yang positif dan negatif perempuan yakni gambaran tentang baik buruknya tingkah laku mengenai perempuan di dalam sebuah novel. Novel Ayat-Ayat Langit merupakan salah satu novel yang berisikan citra perempuan di dalamnya yang direpresentasikan lewat tokoh utamanya yang bernama Bu Halimah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana citra wanita sholehah ditinjau dari posisi subjek-objek berdasarkan analisis wacana Sara Mills dalam novel Ayat-Ayat Langit. Selanjutnya untuk mengetahui bagaimana citra wanita sholehah ditinjau dari posisi pembaca berdasarkan analisis wacana Sara Mills dalam novel Ayat-Ayat Langit. Dan untuk mengetahui bagaimana interpretasi penelitian novel Ayat-Ayat Langit. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis wacana Sara Mills. Dalam pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Citra wanita sholehah ditinjau dari posisi subjek dan objek analisis wacana Sara Mills dalam novel Ayat-Ayat Langit yakni subjek: senantiasa taat dan mengingat Allah, sabar, suka memaafkan, gemar bersedekah dan wakaf, bijak, tangguh, cerdik. Citra wanita sholehah ditinjau dari posisi objek analisis wacana Sara Mills dalam novel Ayat-Ayat Langit yakni pihak yang pro dengan Bu Halimah dan pihak yang kontra dengan Bu Halimah. Kedua, citra wanita sholehah ditinjau dari posisi pembaca analisis wacana Sara Mills dalam novel Ayat-Ayat Langit penulis seakan-akan mengarahkan pembaca untuk medukung Bu Halimah. Ia membuat alur cerita dimana pembaca akan ikut merasakan emosi Bu Halimah yang tangguh dalam menjalani ujian mengembangkan rumah makan dan sempat merasakan gelisah atas sedekah yang diberikan dan selalu merasa kurang.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2022 02:04
Last Modified: 18 Nov 2022 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20996

Actions (login required)

View Item View Item