kontribusi budaya sekolah dalam pembentukan karakter religius dan disiplin siswa kelas X MAN 2 Ponorogo.

Maskanit, nabila septania (2022) kontribusi budaya sekolah dalam pembentukan karakter religius dan disiplin siswa kelas X MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180162 Nabila Septania Makanit Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nabila Septania Maskanit. 2022. kontribusi budaya sekolah dalam pembentukan karakter religius dan disiplin siswa kelas X MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing:Arif Rahman Hakim, M. Pd
Kata Kunci: Budaya Sekolah, Karakter Religius, Disiplin.
Sekolah sebagai suatu organisasi sangat penting memiliki budaya atau kultur. Sekolah harus memiliki kemampuan untuk hidup, tumbuh berkembang dan melakukan adaptasi dengan berbagai lingkungan yang ada. Selain itu juga harus memiliki integrasi internal yang memungkinkan sekolah untuk menghasilkan individu atau kelompok yang memiliki sifat positif. Setiap sekolah mempunyai budaya yang berbeda-beda, disesuaikan dengan situasi, kondisi, serta kebutuhan yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Sifat positif yang dapat dikembangkan dari budaya sekolah diantaranya adalah karakter religius dan disiplin. Namun dalam penerapan program-program budaya sekolah dalam mengembangkan karakter religius dan disiplin siswa seringkali ditemui kendala sehingga karakter religius dan disiplin siswa belum berkembang secara maksimal.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kontribusi budaya membaca Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas X MAN 2 Ponorogo, (2) untuk mengetahui kontribusi budaya 5S dalam meningkatkan disiplin siswa kelas X MAN 2 Ponorogo, dan (3) untuk mengetahui hasil kontribusi budaya sekolah pada karakter religius dan disiplin siswa kelas X MAN 2 Ponorogo
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan lokasi penelitian di MAN 2 Ponorogo. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2022. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, metode, dan waktu. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles da Hubermen dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, verivikasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kontribusi budaya membaca Al-Qur’an dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas X MAN 2 Ponorogo diantaranya yaitu memperkuat keimanan dengan selalu melibatkan Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap aktivitas dengan berdo’a bersama dan membaca Al-Qur’an, pembiasaan melakukan sholat dhuha dan dhuhur secara berjamaah, bersikap sopan dan santun antar warga sekolah, berbicara ataupun berperilaku secara terpuji, dan mewajibkan siswa menghafal surat-surat serta do’a-do’a pilihan untuk bekal sehari-hari. (2) Kontribusi budaya 5S dalam meningkatkan disiplin siswa kelas X MAN 2 Ponorogo antara lain melakukan 5S (senyum, salam, sopan, dan santun) kepada seluruh warga sekolah maupun lingkungan, datang serta pulang sekolah tepat waktu, terwujudnya siswa yang menaati peraturan yang ditetapkan, pengumpulan tugas individu maupun kelompok sesuai dengan deatline, dan seragam sekolah sesuai jadwal. (3) Hasil kontribusi budaya sekolah pada karakter religius dan disiplin siswa kelas X MAN 2 Ponorogo yaitu pada ranah religius diantaranya peningkatan kelancaran membaca Al-Qur’an pada masing-masing siswa dan peningkatan pada tartil dan tajwid. Pada disiplin siswa memperoleh hasil yaitu berkurangnya siswa telat hadir disekolah yang merupakan dampak positif kewajiban 5S dan meningkatkan interaksi sosial siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:37
Last Modified: 17 Nov 2022 07:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20992

Actions (login required)

View Item View Item