..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Peran Lembaga Pers Santri Sebagai Media Informasi Dan Pendidikan Di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak

Taufik, Ahmad (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Peran Lembaga Pers Santri Sebagai Media Informasi Dan Pendidikan Di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
302180007_Ahmad Taufik_KPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam konteks kehidupan bermasyarakat, media informasi dan media pendidikan merupakan unsur yang digunakan untuk menempuh tantangan kehidupan pada masa sekarang dan di masa mendatang. Salah satunya di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak mengingat Pers dan jurnalistik merupakan ilmu umum kepraktekan, tidak menutup kemungkinan Pers dan jurnalistik diadopsi ke dalam sebuah lembaga di dalam pondok pesantren. Sehingga, perlu adanya peran Lembaga Pers Santri tersebut sebagai penyedia informasi dan juga wawasan pendidikan yang bermanfaat bagi kelangsungan perkembangan pondok.
Tujuan penelitian ini yaitu melihat 1. Peran Lembaga Pers Santri dalam memberikan kebutuhan informasi dan pendidikan di Ponpes Darul Huda Mayak dan 2. Menganalisis bagaimana efek positif Lembaga Pers Santri sebagai media informasi dan pendidikan di Ponpes Darul Huda Mayak. Pendekatan penelitian yang dipakai peneliti adalah Studi Kasus milik Creswell. Sedangkan metode penelitiannya memakai metode penelitian deskriptif kualitatif.
Hasil penelitiannya meliputi peran Lembaga Pers Santri dalam memberikan kebutuhan informasi di Pondok Mayak tersalurkan melalui media majalah dinding dan papan informasi pondok dan media pendidikan melalui pembelajaran kursus jurnalistik yang rata-rata santri melalui media itu dapat melihat media sebagai pintu yang dapat mengetahui perihal kejadian yang terjadi pada suatu kegiatan di pondok. Serta dapat berperan dalam menyaring berita informasi dari luar pondok tentang hal-hal yang pantas untuk dipertontonkan atau tidak. Lembaga Pers Santri juga turut berperan dalam barometer petunjuk santri merubah sikap dan mendapatkan hikmah dari kegiatan kejurnalistikannya. Efek positif santri dengan adanya Lembaga Pers Santri dalam menggunakan media mading dan papan informasi menyebabkan rata-rata santri banyak yang terpengaruh dari asalnya tidak tahu informasi baru menjadi tahu akan peristiwa yang ada di luar pondok, sehingga pengaruh itu dinamakan ke dalam efek kognitif media. Ada juga santri yang awalnya tidak suka menjadi suka dengan adanya kegiatan kursus jurnalistik, sehingga menjadikan pengaruh itu termasuk ke dalam efek afektif. Lalu ada juga santri yang dengan adanya karya jurnalistik dari Lembaga Pers Santri, mampu membuat santri terpengaruh dan merubah perilaku yang aslinya buruk menjadikan efek konatif tersebut merubah sikapnya menjadi perilaku yang benar dan baik.
Kata Kunci: Pers, Media Informasi, Media Pendidikan, Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:36
Last Modified: 17 Nov 2022 07:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20987

Actions (login required)

View Item View Item