Pengaruh Body Image Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Putri Kelas XI Di SMAN 1 Geger Madiun

Mubarokah, Tian Hayyin (2022) Pengaruh Body Image Terhadap Kepercayaan Diri Remaja Putri Kelas XI Di SMAN 1 Geger Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Pengaruh body image publis perpus.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mubarokah, Tian Hayyin. 2022. Pengaruh Body image Terhadap Kepercayaan Diri Remaja putri Kelas XI di SMAN 1 Geger Madiun, skripsi, Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam. Institut Islam Negri Ponorogo, Dr. Muh. Tasrif, M.Ag
Kata Kunci : Body image, Kepercayaan diri
Body image merupakan sebuah konsep multidimensi, subjektif, dan dinamis yang mencakup persepsi seseorang. Pikiran, dan perasaan tentang tubuhnya. Body image tidak terbatas pada karakteristik estetika seseorang, tetapi juga mempertimbangkan kondisi kesehatan, keterampilan, dan seksualitasnya. Seorang akan percaya diri ketika orang tersebut menyadari bentuk tubuhnya yang sangat ideal dan orang tersebut merasa puas melihat bentuk tubuhnya, maka body image yang terbentuk pun menjadi positif. Sebaliknya, jika seseorang memandang tubuhnya tidak ideal seperti wajahnya kurang menarik, yang terbentuk menjadi negatif dan dapat dikatakan orang tersebut tidak memiliki kepercayaan diri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh body image terhadap kepercayaan diri remaja putri kelas xi di SMAN 1 Geger Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik kuisioner. Sedangkan untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara body image terhadap kepercayaan diri remaja putri kelas XI di SMAN 1 Geger Madiun. Hal ini diketahui dari hasil perhitungan menggunakan SPSS yaitu Fhitung (19,965) > Ftabel (1,97) sehingga Ho ditolak. Sedangkan besar pengaruhnya adalah 35,7%. Pengaruh body image terhadap kepercayaan diri remaja putri kelas XI di SMAN 1 Geger Madiun termasuk dalam kategori sedang (baik). Hal ini diperoleh dari hasil angket siswa dengan rincian 64,3% dengan frekuensi 64 dari 184 responden. Kategori sedang dalam penelitian ini dianggap baik karena pengaruh body image terhadap kepercayaan diri remaja putri kelas XI di SMAN 1 Geger Madiun seimbang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 05:27
Last Modified: 17 Nov 2022 05:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20978

Actions (login required)

View Item View Item