Gaya Komunikasi Organisasi Dalam Pengkaderan Di PMII Komisariat IAIN Ponorogo Periode 2020 -2021

Aziza, Imelia (2022) Gaya Komunikasi Organisasi Dalam Pengkaderan Di PMII Komisariat IAIN Ponorogo Periode 2020 -2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
IMELIA AZIZA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aziza, Imelia. 2022. Gaya Komunikasi Organisasi dalam Pengkaderan di PMII
Komisariat IAIN Ponorogo Periode 2020-2021. Skipsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Muchlis Daroini M. Kom. I

Kata Kunci : Gaya komunikasi, Pengkaderan, PMII komisariat IAIN Ponorogo

Gaya komunikasi merupakan cara penyampaian dan gaya bahasa, hal ini harus diperhatikan betul agar gaya komunikasi yang digunakan sesuai dengan situasi dan kondisi, sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Gaya komunikasi yang dimiliki ketua dan pengurus komisariat PMII IAIN Ponorogo periode 2020-2021 menjadi faktor penting dalam proses pengkaderan di PMII komisariat IAIN Ponorogo.

Rumusan masalah pada penelitian ini memeiliki dua poin. Pertama, Gaya komunikasi organisasi. Kedua, hambatan komunikasi organisasi. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi organisasi yang digunakan oleh pengurus komisariat PMII IAIN Ponorogo periode 2020- 2021 serta untuk mengetahui hambatan komunikasi yang terjadi di lingkuang organisasi PMII komisariat IAIN ponorogo. Untuk menjawab rumusan masalah yang ada peneliti menggunakan metode kualitatif. Serta teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan diasah menggunakan teori gaya komunikasi menurut Steward L. Tubbs dan Sylvia Moss. Dimana ada 6 gaya komunikasi yaitu the controlling style, the equalitarian style, the structuring style, the dinamic style, the relinguishing style, dan the withdrawal style.
Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada lima gaya komunikasi yang digunakan dalam proses pengkaderan di PMII Komisariat IAIN Ponorogo yaitu the controlling style, the equalitarian style, the structuring style, the dinamic style,dan the relinguishing style. Serta ada lima faktor penghambat komunikasi organisasi yaitu sebabkan dikarenakan adanya gangguan teknis, gangguan psikologis, gangguan fisik yangdisebabkan oleh waktu gangguan kerangka berfikir yang disebabkan oleh salah menafsirkan terkait pesan yang diberikan dan disebabkan oleh pandangan apriori atau asumsi yang dimiliki setiap orang. Kelima gangguan budaya yang disebabkan oleh sifat egosentris.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 05:26
Last Modified: 17 Nov 2022 05:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20977

Actions (login required)

View Item View Item