ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI INTERNAL DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PONOROGO

Hantoro, Wiji (2022) ANALISIS MANAJEMEN KOMUNIKASI INTERNAL DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
wiji.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wiji Hantoro, 2022. Analisis Manajemen Komunikasi Internal Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam. Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Ponorogo, Pembimbing Galih Akbar Prabowo, M.A.
Kata Kunci : Analisis Manajemen , Komunikasi, Internal.
Problem komunikasi internal yaitu miskomunikasi, komunikasi yang tidak lancar, serta hubungan pimpinan dan karyawan yang mungkin terjadi dalam sistem yang ada di perusahaan. Suatu organisasi didirikan oleh seseoraang mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Di dalam mencapai tujuan tersebut dibutuhkan perangkat-perangkat yang menunjang dalam organisasi tersebut seperti peralatan, sistem manajemen, sumber daya manusia dan aturan yang dibuat akan menciptakan suasana dalam bekerja. Hal ini yang paling penting dari kesemua itu adalah sumber daya manusia karena sumber daya manusia merupakan faktor yang paling penting, unik, yang paling rentan dan sulit untuk diperkirakan. Perusahaan dapat maju dengan pesat tergantung dengan sumber daya manusia yang digunakan. Sumber daya manusia yang dimaksud adalah karyawan, latar belakang sebuah karyawan juga akan menentu harapan maupun realisasi dari perusahaan tersebut dan hingga pada akhirnya akan mempengaruhi perubahan yang terjadi antara manusia dan perusahaan.
Mengapa komunikasi penting dalam suatu organisasi pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh mereka yang memperhatikan terhadap kajian fenomena komunikasi maupun mereka yang tertarik pada gejala-gejala keorganisasian. Dalam kenyataan masalah komunikasi senantiasa muncul dalam proses pengorganisasian. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana manajemen komunikasi, bagaimana perencanaan komunikasi internal, bagaimana pelaksanaan komunikasi internal dan bagaimana evaluasi komunikasi internal dinas kominfo kabupaten ponorogo.Oleh karena itu Manajemen komunikasi organisasi merupakan sebuah patokan atau landasan seseorang untuk bisa berkomunikasi, agar terjalin suatu pesanyang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan komunikasi, pelaksanaan komunikasi dan evaluasi komunikasi serta hambatan dalam komunikasi internal di Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data tersebut di dapat dari hasil wawncara dan dokumentasi. Teori yang digunakan manajemen komunikasi internal organisasi.
Hasil penelitian yang di peroleh adalah perencanaan komunikasi di bagi dua yaitu Manajemen internal yang di terapkan di dinas Kominfo Kabupaten ponorogo di lakukan dengan koordinasi yang pengorganisasian yang terstruktur dari jabatan tertinggi hingga ke paling bawah. Perencanaan rutin dan perencanaan insidental, Pelaksanaan komunikasi di lakukan dengan komunikasi formal atas kebawah dan komunikasi informal di laksanakan dari atas ke bawah dan juga bawah ke atas, Evaluasi komunikasi dengan komunikasi pemaparan hasil dan kendala dalam komunikasi dari pelaksanaan komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 05:24
Last Modified: 17 Nov 2022 05:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20972

Actions (login required)

View Item View Item