STRATEGI PENYIAR RADIO GEMA SURYA FM DALAM MENINGKATKAN MINAT PENDENGAR DI KABUPATEN PONOROGO

Fauzi, Ahmanda Fitriyana (2022) STRATEGI PENYIAR RADIO GEMA SURYA FM DALAM MENINGKATKAN MINAT PENDENGAR DI KABUPATEN PONOROGO. Other thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
AHMANDA FITRIYANA FAUZI_ETHESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fitriyana Fauzi, Ahmanda, 2022. Strategi Penyiar Radio Gema Surya Fm Dalam Meningkatkan Minat Pendengar Di Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata kunci/keywod: Strategi Komunikasi, Minat, Gema Surya FM
Radio masih menjadi sumber informasi rujukan yang aktual dan faktual bagi sebagian masyarakat di Ponorogo. Melihat sangat minimnya informasi dari daerah khususnya informasi mengenai daerah Ponorogo di stasiun televisi swasta, maka berita di radio lokal tetap menjadi informasi yang dinantikan oleh masyarakat Ponorogo. Salah satu radio lokal yang menjadi favorit masyarakat Ponorogo adalah Radio Gema Surya FM. Radio Gema Surya FM menjadi salah satu rujukan berita oleh beberapa media online di Kabupaten Ponorogo, salah satunya akun instagram @ponorogo.update. Beberapa kasus kehilangan juga sering menjadikan Gema Surya FM sebagai media untuk penyebaran informasinya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk-bentuk komunikasi Radio Gema Surya FM dalam menyapa pendengarnya? 2) Apa saja langkah-langkah yang dilakukan penyiar Radio Gema Surya FM dalam menyapa pendengarnya? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat penyiar Radio Gema Surya FM dalam menyiarkan radio? Adapun penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif dengan tahapan: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk komunikasi Radio Gema Surya FM dalam menyapa pendengarnya telah memenuhi aspek fungsi, tahapan strategi komunikasi dan hal-hal yang harus diperhitungkan dalam komunikasi. Sedangkan bentuk komunikasi Radio Gema Surya FM dalam menyapa pendengarnya jika ditinjau dari teori minat menunjukan bahwa khalayak pendengar Gema Surya FM, khususnya masyarakat Ponorogo memiliki minat yang tinggi dan konsisten terhadap siaran Gema Surya FM. Adapun faktor pendukung dalam siaran yakni perkembangan teknologi yang mempermudah dalam penggalian informasi oleh siapapun (citizen journalism). Juga kredibiltas para penyiar dan attitude juga style komunikasi dan kepandaian dalam berkomunikasi para penyiar radio. Sedangkan faktor penghambat yakni belum semua masyarakat atau institusi mampu memahami dan mau menjadi bagian dari citizen journalism.

Item Type: Thesis (Other)
Thesis Supervisor: ISWAHYUDI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:54
Last Modified: 17 Nov 2022 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20953

Actions (login required)

View Item View Item