Nilai-Nilai Karakter dalam Dasadharma Pramuka dan Relevansinya dengan Materi Aqidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah

Wulandhari, Nova Retno (2022) Nilai-Nilai Karakter dalam Dasadharma Pramuka dan Relevansinya dengan Materi Aqidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
OK BISMILLAH UPLOUD E THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wulandhari, Nova Retno. 2022, “Nilai-Nilai Dasa Darma Pramuka dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri IAIN Ponorogo. Program Sarjana S-1. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter Dasa Darma Pramuka, Materi Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi akhlak dari para anggota Pramuka yang belum bisa berbuat dengan baik dalam berbagai hal khususnya dalam hal perilaku yang mana dilakukan kepada sesama, maupun orang yang lebih tua, dan juga makhluk yang ada di bumi inidi dalam kehidupan sehari-hari. Pembenahan akhlak peserta didik tindak hanya melalui komponen sekolah formal dalam bentuk pembelajaran akidah akhlak akan tetapi juga melalui penerepan nilai Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-harinya. Maka dengan hal itu Dasa Darma Pramuka dapat menjadikan sebagai materi penyeimbang dalam proses pembenahan akhlak maupun perilaku, dan juga norma-norma bagi peserta didik. Dengan harapannya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai Dasa Darma dengan materi akidah akhlak kelas X madrasah aliyah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library reseach) yaitu telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan yang mana memerlukan banyak informasi dan penelitian terdahulu. Adapun dalam pembahasannya penulis menggunakan metode analisis isi (content analysis). Data yang digunakan berupa data primer dari dasa darma pramuka. Sedangkan untuk data sekunder berupa buku-buku pendukung yang terkait dengan Gerakan Pramuka yang di dalamnya juga mengandung dasa darma.
Hasil dari penelitian ini: Pertama, nilai-nilai yang terkandung dalam dasa darma Pramuka meliputi: nilai religius, nilai peduli lingkungan, nilai toleransi, nilai cinta damai, nilai cinta tanah air, nilai semangat kebangsaan,nilai jujur, nilai disiplin, nilai demokratis, nilai peduli sosial, nilai mandiri, nilai kreatif, nilai disiplin dan nilai tanggung jawab. Kedua, relevansi nilai-nilai dasa darma pramuka dengan materi akidah akhlak kelas x Madrasah Aliyah meliputi:nilai religius dengan bab mengenal sifat- sifat Allah dan bab indahnya Asma’ul Husna.Nilai peduli lingkungan, nilai toleransi, nilai cinta damai, nilai jujur, dan nilai demokratis dengan bab jadikan Islam Washatiyah sebagai Rahmatan lil ‘alamin. Nilai cinta tanah air dan nilai semangat kebangsaan dengan bab menerapkan sikap hikmah, syaja’ah, dan ‘adalah sebagai pembentuk Akhlak Karimah. Nilai peduli sosial dengan bab menjenguk orang sakit sebagai cerminan sikap peduli. Nilai mandiri dengan bab menjauhi perilaku tercela (licik, tamak, zalim dan diskriminasi). Nilai kreatif dengan babmenghindari sifat tercela (Hubb al-dunya, hasad, sombong dan riya’). Nilai disiplin dengan babhidup mulia dengan menghormati orang tua dan guru. Nilai tanggung jawab dan nilai disiplin dengan menundukkan nafsu syahwat dan gadlab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:12
Last Modified: 17 Nov 2022 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20949

Actions (login required)

View Item View Item