Tradisi Membaca Surat Al-Kahfi di Pondok Pesantren Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk Garut

Saad M, Hasbalah (2022) Tradisi Membaca Surat Al-Kahfi di Pondok Pesantren Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk Garut. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Hasbalah M Saad .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasbalah M Saad, 2022. Tradisi Pembacaan Surah al-Kahfi (Kajian Living Qur’an di Pondok Pesantren Al-Fur’qon Cibiuk Garut Jawa Barat). Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Moh. Alwy Amru Ghozali, S.TH.I., M.S.I.
Kata Kunci: Living Qur’an, Tradisi, Pembacaan Surah Al-kahfi, Pondok Pesantren
Al- Fur’qon.
Penelitian ini membahas tentang fenomena al-Qur’an yang hidup ditengah masyarakat dengan kata lain Qur’an in Everyday Life, seperti yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Fur’qon Cibiuk Garut yaitu tradisi pembacaan surah al-Kahfi yang diikuti oleh seluruh santri. Adapun waktu pelaksanaannya sedikit berbeda dari pondok pesantren pada umumnya.
Maka fokus pembahasan dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana praktik pembacaan surah al- Kahfi di Pondok Pesantren Al-Fur’qon Cibiuk Garut (2)Bagaimana pemaknaan tradisi pembacaan surat al-Kahfi bagi santri Pondok Pesantren Al-Fur’qon Cibiuk Garut (3) Bagaimana respon masyarakat Muhammadiyah dengan pembacaan surah al-Kahfi di Pondok Pesantren Al-Fur’qon Cibiuk Garut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif diskriptif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teori sosiologi pengetahuan dari Karl Mannheim.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa praktik pertama tradisi pembacaan surat al-Kahfi di Pondok Pesantren Al-Fur’qon dibagi menjadi tiga tahapan yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan, secara teknis, pelaksanaan kegiatan tersebut diawali dengan berdoadan membaca surat al-Fātiḥah serta membaca asmaul husna secara serempak. Kemudian dilanjutkan membaca surat al-Kahfi sesuai jadwal imam yang telah ditentukan. Kedua makna yang terkandung dalam tradisi pembacaan surat al-Kahfi di Pondok Pesantren Al-Fur’qon apabila dianalisis menggunakan teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim, maka ada tiga kategori makna yang diperoleh, yaitu: (1) Makna objektif, tradisi ini dipandang sebagai suatu bentuk kewajiban yang membentuk diri santri agar lebih disiplin dan giat dalam beribadah, para santri dilatih untuk senantiasa meluangkan waktunya dalam membaca Al-Qur’an baik pada waktu luang maupun sempit. (2) makna ekspresif,, tradisi ini merupakan suatu bentuk sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. serta sebagai sarana untuk meningkatkan rasa iman dan takwa. (3) makna dokumenternya, tradisi ini merupakan sebuah kebiasaan yang sudah menjadi rutinitas di Pondok Pesantren Al-Fur’qon, sehingga tradisi tersebut terus terjaga sampai dengan sekarang. Ketiga respon masyarakat Muhammadiyah terhadap tradisi terhadap tradisi pembacaan surat al-Kahfi di Pondok Pesantren Al-Fur’qon Warga Muhammadiyah Cibiuk Garut menyatakan bahwa mengapa masyarakat Muhammadiyah merespon positif kegiatan Tradisi pembacaan surat Al-kahfi yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk Garut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh Alwi Amru G
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:29
Last Modified: 17 Nov 2022 07:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20948

Actions (login required)

View Item View Item