ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN DETIK.COM DAN TRIBUNNEWS MENGENAI “ANALOGI KEBISINGAN SUARA AZAN DENGAN SUARA ANJING DARI MENTERI AGAMA YAQUT CHOLIL QOUMAS”

Setiyadi, Wahyu Nurazwan (2022) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN DETIK.COM DAN TRIBUNNEWS MENGENAI “ANALOGI KEBISINGAN SUARA AZAN DENGAN SUARA ANJING DARI MENTERI AGAMA YAQUT CHOLIL QOUMAS”. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi wahyu fix + Watermark.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wahyu Nurazwan Setiyadi, 2022. Analisis Framing Pemberitaan Detik.Com Dan Tribunnews Mengenai “Analogi Kebisingan Suara Azan Dengan Suara Anjing Dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas” (Edisi 21-28 Februari 2022). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Isalam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Asna Istya Marwantika, M.Kom.I.
Kata Kunci: Framing, Berita, Suara azan dengan gonggongan anjing, Menteri Agama
Media online merupakan salah satu media yang sangat digemari masyarakat untuk mendapatkan sebuah informasi atau berita. Penelitian ini membahas bagaimana media online Detik.com dan Tibunnews dalam membingkai berita mereka tentang “Analogi kebisingan suara azan dengan suara anjing dari Menteri agama Yaqut Cholil Qoumas” serta bagaimana perbandingan dari keduanya. Kedua media ini dipilih karena keduanya cukup terkenal di Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kedua media tersebut membingkai berita mereka dan juga bagaimana perbandingan framing di antara keduanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dokumentasi dan bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki
Hasil penelitian ini adalah Detik.com membingkai berita tentang “Analogi kebisingan suara azan dengan suara anjing lebih kepada hal-hal yang viral dan menarik minat pembaca, sedangkan bingkai yang ditampilkan oleh Tribunnews membahas lebih dalam kasus yang terjadi dari berbagai pihak. Selain itu ditemukan perbedaan dalam penyajian berita pada masing-masing media. Berdasar dari keempat elemen, pemberitaan tentang “Analogi kebisingan suara azan dengan suara anjing dari Menteri agama Yaqut Cholil Qoumas” pada media Detik.com lebih menonjolkan objek pendapat para narasumber terkait viralnya ucapan Menag soal analogi kebisingan suara azan dengan suara gongongan anjing Sedangkan Tribunnews lebih memilih kontruksi berita yang runtut dan tidak hanya fokus ke pernyataan yang viral saja tetapi membahas lebih detail dari berbagai pihak baik yang pro maupun kontra dengan pernyataan Menag Yaqut Cholil Qoumas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:48
Last Modified: 17 Nov 2022 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20943

Actions (login required)

View Item View Item