...(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS), UPLOAD ULANG)...Kerja Sama Guru Dan Orang tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran AKIDAH AKHLAK Kelas VII Di MTS MUHAMADIYYAH Pakis Baru Nawangan Pacitan

Giantama, Rendy (2022) ...(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS), UPLOAD ULANG)...Kerja Sama Guru Dan Orang tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran AKIDAH AKHLAK Kelas VII Di MTS MUHAMADIYYAH Pakis Baru Nawangan Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180189_RENDY GIANTAMA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Giantama, Rendy. 2022. Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Minat
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Muhammadiyah Pakis
Baru, Nawangan, Pacitan. Skripsi. Jurusan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, MA
Kata Kunci: Kerja sama, Minat Belajar, Siswa, Akidah Akhlak
Kerja sama merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh orang tua wali murid
dan guru di sekolah, karena peran orang tua siswa sebagai pendidik pertama tidak bisa
dipisahkan. Kerja sama yang dilakukan antara guru dan orang tua bertujuan untuk
membangun komunikasi keduanya dalam memantau perkembangan belajar siswa. Selain itu
untuk meningkatkan minat belajar siswa orang tua dan guru harus bisa memenuhi kebutuhan
siswa seperti, kebutuhan cinta kasih dan kebutuhan social siswa, kebutuhan akan rasa aman
siswa . Namun lebih dari itu, orang tua dapat melanjutkan apa yang telah dipelajari siswa di
madrasah untuk diulangi kembali di rumah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) untuk mendeskripsikan bentuk
kerja sama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata
pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Muhamadiyyah Pakis Baru, (2) untuk mengetahui
bagaimana dampak adanya kerja sama antara guru dan orang tua terhadap minat belajar siswa
pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Muhamadiyyah Pakis Baru, (3) untuk
mengetahui hambatan yang di terapkan dalam kerja sama guru dan orang tua dalam
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs
Muhamadiyyah Pakis Baru.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif. Tehnik pengumpulan
data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun
teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk kerja sama guru dan orang tua yang diterapkan
di MTs Muhamadiyyah Pakis Baru seperti menjalin sebuah komunikasi antara guru dan
orang tua siswa dengan kunjungan ke rumah murid, diundang nya orang tua ke sekolah dan
case conference; (2) dengan adanya kerja sama guru dan orang tua ini menimbulkan dampak
yang positif, yaitu dengan kunjungan ke rumah murid dapat meningkatkan minat ssiwa akan
cinta kasih/kebutuhan sosial siswa, karena siswa akan merasa senang dan akrab dan orang tua
juga dapat memberikan informasi tentang kehidupan anakanya. Selain itu di undangnya
orang tua ke sekolah dan case conference dapat meningkatkan minat belajar siswa akan
kebutuan dan rasa ama siswa, karena siswa akan merasa aman dari ancaman fisik dan merasa
terjamin akan proses belajarnya dan pertemuan kasus yang di adakan besama orang tua dapat
mencari solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah yang di hadapi anak dalam
proses pembelajaran bisa teratasi.Tidak hanya itu, dampak negative juga timbul pada orang
tua siswa pada saat orang tau siswa di panggil oleh guru ke sekolah akibat anak mereka sulit
menerima pelajaran yang di ajarkan. Para orang tua justru memarahi anak anak mereka dan
meminta anak tersebut untuk belajar lebih serius tanpa menanyakan terlebih dahulu alasan
kenapa anak mereka sulit menerima pelajaran yang di ajarkan madrasah; (3) Hambatan dalam
menerapkan kerja sama guru dan orang tua di MTs Muhamadiyyah Pakis Baru di pengaruhi
faktor internal dan faktor eksternal. Dari faktor internal terdapat kesulitan menghubungi
orang tua siswa yang sibuk berkerja, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai dalam
pembelajaran Akidah Akhlak. Dari faktor eksternal yaitu orang tua yang lebih mementingkan
perkerjaan mereka dibandingkan dengan membimbing belajar anak mereka di rumah. Orang
tua kesulitan dalam membagi waktu mereka mendampingi anaknya dengan waktu
berkerjanya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:41
Last Modified: 17 Nov 2022 01:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20942

Actions (login required)

View Item View Item