Peran Humas Polres Ponorogo Dalam Membangun Citra Positif Kepolisian Di Ponorogo

Bahai, Ubaidir Rahman (2022) Peran Humas Polres Ponorogo Dalam Membangun Citra Positif Kepolisian Di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
302180125_Ubaidir Rahman Bahai_Komunikasi dan Penyiaran Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Public relations memiliki tugas untuk membangun dan mempertahankan citra positif instansi dihadapan publik. Dalam membangun citra positif suatu instansi dapat dilakukan dengan menanamkan kepercayaan kepada publik. Penelitian ini membahas peran humas Polres Ponorogo dalam membangun citra positif kepolisian di Ponorogo. Dalam penelitian ini peneliti akan membahas bagaimana cara humas Polres Ponorogo dalam menyebarkan informasi melalui media relations dan cara humas Polres Ponorogo membangun citra positif kepolisian melalui penanganan informasi dan berita simpang-siur di masyarakat.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualiatif. Pengumpulan data menggunakan observasi dengan cara mengikuti kegiatan humas Polres Ponorogo dan dokumentasi profil humas dan Polres Ponorogo serta wawancara kepada anggota humas Polres Ponorogo. Sedangkan untuk menganalisis masalah, peneliti menggunakan teori Uncertainty Reduction dimana komunikasi adalah alat untuk mengurangi ketidakpastian dan keragu-raguan.

Hasil penelitian ini, humas Polres Ponorogo menyebarkan informasi dengan menggunakan berbagai macam media relations yaitu media cetak, media elektonik, media internet. Kemudian dalam mencegah informasi dan berita simpang-siur humas Polres Ponorogo selalu memberikan informasi kepada publik melalui media relations dan interaksi secara langsung dengan masyarakat, tujuannya agar informasi bisa diterima secara merata oleh berbagai kalangan masyarakat. Selain itu humas Polres Ponorogo juga membangun hubungan baik dengan media cetak maupun non cetak dan berkerjasama dengan organisasi kehumasan dan kewartawanan area Ponorogo, tujuannya untuk mempermudah penyebaran informasi, mempermudah melakukan klarifikasi dan mendapat kepercayaan dari media.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:39
Last Modified: 17 Nov 2022 01:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20941

Actions (login required)

View Item View Item