Pelaksanaan Distribusi Zakat Fitrah Di Masjid Al-Muhajirin Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Dalam Perspektif Distributif Yusuf Al-Qardhawi

Diningrum, Retno Novita (2022) Pelaksanaan Distribusi Zakat Fitrah Di Masjid Al-Muhajirin Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Dalam Perspektif Distributif Yusuf Al-Qardhawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RETNO NOVITA DININRUM-101180199-HKI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Diningrum, Retno Novita, 2022. Pelaksanaan Distribusi Zakat Fitrah Di Masjid
Al-Muhajirin Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Dalam Perspektif Keadilan Distribusi Yusuf Al-Qardhawi. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Fuady Abdullah, M.A.
Kata kunci/ keyword : distribusi, zakat fitrah, dan masjid al-muhajirin
Pendistribusian zakat fitrah di masjid Al-Muhajirin Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun mendistribusikan secara merta setiap golongan penerima zakat. Panitia mendistribusikan empat golongan mustahik yaitu golongan fakir, miskin, amil dan fi sabi>lillah. Dalam pendistribusian zakat fitrah panitia mendistribusikan secara merata dengan jumlah yang sama setiap golongannya. Model pendistribusian di masjid Al-Muhajirin dalam pembagiannya masih di samaratakan setiap golongan individunya, pendistribusian bagi fakir,miskin boleh dilebihkan karena melihat dari segi kesehariannya si penerima zakat. Tidak ada suatu ketentuan yang dipastikan, tapi akan berbeda-beda untuk tiap orang sesuai dengan keadaan mereka
Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana prespektif keadilan distributif Yusuf Al- Qardhawi mengenai praktik distributif zakat fitrah di Masjid Al-Muhajirin Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun? (2) Bagaimana idealnya model distribusi zakat fitrah berdasar pada teori keadilan distributif menurut Yusuf Al- Qardhawi di Masjid Al-Muhajirin Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun?
Untuk menjawab dari kedua rumusan masalah di atas peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif ( field research) dengan teknik observasi pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara kepada panitia serta ulama dan dokumentasi untuk menggali data kemudian menganalisis. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan konsep keadilan distributif menurut Yusuf Al-Qardhawi.
Berdasarkan penelitian yang sudah di lakukan di Masjid Al-Muhajirin Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun dapat di simpulkan : (1) praktik pendistribusian zakat fitrah di Masjid Al-Muhajirin hanya di distribusikan secara merata dengan jumlah yang sama setiap golongannya. Pendistribusian zakat fitrah di masjid Al-Muhajirin belum sesuai dengan teori distribusi Yusuf Al-Qardhawi, karena dalam pendistribusiannya masih disama ratakan dengan jumlah yang sama, dan tidak melihat kebutuhan dari masing-masing penerima zakat (2) idealnya pendistribusian yang ada di masjid al-muhajirin panita menetukan empat golongan yang berhak menerima zakat, dalam pendistribusiannya panitia lebih mengutamakan golongan fakir miskin yang di prioritaskan. Ukuran pembagian zakat kepada golongan tersebut kita pandang segi ketidakmampuan dari sisi ekonomi, karena setiap individu memiliki penghasilan yang minim sehingga untuk memenuhi kebutuhan kesehariannya sangat kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fuady Abdullah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:33
Last Modified: 17 Nov 2022 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20935

Actions (login required)

View Item View Item