Implementasi Program Unggulan Tahfidz di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Nurul Huda Kenongomulyo Pasca Pandemi Covid-19

Alfiansyah, Hanifan (2022) Implementasi Program Unggulan Tahfidz di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Nurul Huda Kenongomulyo Pasca Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180324_HANIFAN ALFIANSYAH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Alfiansyah, Hanifan. 2022, Implementasi Program Unggulan Tahfidz di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Nurul Huda Kenongomulyo Pasca Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Pndidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Program Sarjana S-1 Pembimbing, Dr. H. Sutoyo, M.Ag.
Kata kunci: Program Unggulan, Tahfidz, Pasca Pandemi
Pendidikan di era global dituntut agar berkembang dan melaksanakan perubahan kreatif terhadap dunia pendidikan islam. Cara yang dapat ditempuh adalah membentuk sebuah program unggulan. Untuk saat ini sudah banyak sekolah atau madrasah yang memiliki program unggulan yang bertujuan untuk menunjukkan kualitas sekolah tersebut. Salah satu program unggulan sekolah berbasis islam adalah adanya program unggulan yaitu Tahfidz (menghafal Al-Qur’an). Seperti Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Nurul Huda Kenongomulyo merupakan Pondok Pesantren yang memiliki program unggulan yaitu tahfidz Al-Qur’an 30 Juz. Program ini sudah dimulai dari awal berdirinya pondok tersebut. Berapa tahun berjalan negara Indonesia terkena dampak pandemi covid-19 selama 2 tahun. Pandemi tersebut berdampak pada dunia pendidikan, sehingga menganggu atau menghambat kegiatan pembelajaran. Untuk saat ini sudah mulai ada titik terang karena pandemi sudah mulai mereda. Tentu saja dunia pendidikan menyambut kabar baik tersebut dengan mempersiapkan pembelajaran yang lebih baik untuk kedepannya. Seperti halnya Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Nurul Huda Kenongomulyo yang mulai mempersiapkan pelaksanaan program unggulan tahfidz Seperti menyiapkan metode tahfidzuntuk meningkatkan kualitas yang lebih baik setelah melewati 2 tahun pandemi.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pembelajaran tahfidz di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Nurul Huda Kenongomulyo pasca pandemi covid-19. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program unggulan tahfidz di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Nurul Huda Kenongomulyo pasca pandemi covid-19. 3) Untuk mengetahui dampakadanya program unggulan tahfidz diPondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Nurul Huda Kenongomulyo pasca pandemi covid-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah peneltian lapangan. Adapun proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data, peneliti menggunakan tiga langkah analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil Penelitian yang diperoleh: 1) Untuk memulai kegiatan pelaksanaan program unggulan tahfidz pasca pandemi yang pertama adanya perencanaan terlebih dahulu seperti penetapan program, menentukan indikator keberhasilan program dan penetapan penanggung jawab. Kemudian dalam pelaksanaannya menggunakan metode-metode menghafal Al-Qur’an seperti metode muraja’ah, ziyadah, dan tasmi’. Untuk evaluasi terdapat evaluasi pekanan, mingguan, bulanan dan semester. Perkembangan hafalan santri pasca pandemi ini tetap berkembang dengan baik serta tidak terlalu ada kendala dalam proses kegiatan pembelajaran. 2) Faktor pendukung dalam melaksanakan program unggulan tahfidz ini adalah motivasi dari guru kepada para santri, Guru yang memiliki SDM yang tinggi dan fasilitas penunjang hafalan untuk mempermudah santri dalam menghafal. Sedangkan faktor penghambat dalam melaksanakan program tersebut pasca pandemi ini adalah rasa bosan dan malas saat menghafal, faktor psikologis, dan porsi hafalan yang berlebih. 3) Dampak adanya program unggulan tahfidz tersebut saat pasca pandemi ini sangat memberi manfaat kepada diri santri tersebut, bagi pondok dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:29
Last Modified: 17 Nov 2022 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20933

Actions (login required)

View Item View Item