...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, DAN LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)...Problematika Tanah Wakaf Di Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo Dalam Perspektif Hukum Islam

Nurfikasari, Ani (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, DAN LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)...Problematika Tanah Wakaf Di Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo Dalam Perspektif Hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ANI NURFIKASARI-HUKUM KELUARGA ISLAM-101180014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nurfikasari, Ani, 2022, Problematika Tanah Wakaf Di Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo Dalam Perspektif Hukum Islam. Skripsi, Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I.
Kata Kunci: Wakaf, Pemindahan Wakaf, Pengalihan Fungsi Wakaf
Wakaf merupakan lembaga Hukum Islam yang eksistensinya meliputi semua wilayah nusantara. Dengan berwakaf berarti telah melepaskan hak kepemilikan, karena wakaf yang telah diikrarkan tidak dapat dibatalkan. Harta benda yang telah diwakafkan dilarang dijadikan jaminan, disita, dihibahkan, dijual, diwariskan, ditukar, atau dialihkan dalam bentuk pengalihan lainnya. Namun di Desa Ngadirojo terdapat dua musala yang objek tanah wakafnya dipindahkan
Rumusan masalah yang diangkat berdasarkan latar belakang di atas adalah, pertama bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap status pemindahan dan pengalihan fungsi tanah wakaf musala di Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Kedua bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap prosedur pemindahan dan pengalihan fungsi tanah wakaf di Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi untuk menggali data dan mereduksinya dengan menggunakan metode analisa data induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemindahan tanah wakaf musala Nurul Huda diperbolehkan menurut Hukum Islam dan Undang-Undang agar benda wakaf berfungsi sesuai dengan tujuan wakaf selain itu banyak manfaat yang didapat oleh masyarakat. Sedangkan status pengalihan fungsi tanah wakaf musala al-Fattah diperbolehkan menurut Hukum Islam dan Undang-Undang karena lebih bermanfaat serta memiliki nilai ekonomi, sehingga lebih produktif. Adapun Prosedur penukaran harta wakaf musala Nurul Huda belum sesuai dengan aturan Undang-Undang dan Hukum Islam. Prosedur yang digunakan dalam pemindahan wakaf tersebut adalah langsung memindahkan bangunan tersebut. Sedangkan prosedur pengalihan fungsi harta wakaf musala al-Fattah di Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo belum sesuai dengan aturan Undang-Undang dan Hukum Islam. Yang dilakukan adalah langsung memanfaatkan tanah wakaf untuk dijadikan lahan pertanian. Seharusnya dalam pemindahan dan pengalihan fungsi wakaf dilakukan dengan mengajukan permohonan tukar ganti kepada Menteri melalui Kantor Urusan Agama setempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:09
Last Modified: 17 Nov 2022 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20931

Actions (login required)

View Item View Item