Analisis Perbandingan Motivasi Kerja, Kedisiplinan, dan Kreativitas Guru Di SD Negeri se-Kecamatan Dolopo Berdasarkan Status Kepegawaian PNS dan Non PNS

Fatmasari, Yenny Ika (2022) Analisis Perbandingan Motivasi Kerja, Kedisiplinan, dan Kreativitas Guru Di SD Negeri se-Kecamatan Dolopo Berdasarkan Status Kepegawaian PNS dan Non PNS. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502190046_YENNY IKA FATMASARI_MPI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pendidikan tentu saja tidak lepas dari peran serta pemerintah dan komponen pendidikan yang terkait, salah satunya yaitu pendidik/guru. Seiring dengan perkembangan zaman, maka guru dituntut untuk memiliki kompetensi unggul dalam perannya mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kemampuan guru dalam melaksanakan tanggung jawabnya harus didukung oleh faktor internal dalam dirinya maupun faktor eksternal di luar kendali guru. Motivasi kerja, kedisiplinan dan kreativitas guru dalam mengajar sangat diperlukan untuk mencapai kinerja yang tinggi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PNS dan Non PNS di 28 SD Negeri se-Kecamatan Dolopo. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling dengan jumlah akhir sampel 87 guru PNS dan 66 guru Non PNS. Dengan menggunakan angkat berskala likert, adapun angket tersebut adalah angket motivasi kerja, kedisiplinan dan kreativitas dengan skor minimal 1 dan skor maksimal 4. Data yang diperoleh dari penelitian diuji prasyaratkan terlebih dahulu dengan uji normalitas multivariat dan uji homogenitas matriks varian-kovarian/Box’s M, kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA (Multivariate of Analisys).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi kerja pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo, untuk mengetahui perbedaan kedisiplinan pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo, untuk mengetahui perbedaan kreativitas pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo, dan untuk mengetahui perbedaan motivasi kerja, kedisiplinan dan kreativitas secara simultan pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo.
Hasil penelitian ini adalah: 1) diperoleh nilai probabilitas perbedaan motivasi kerja sebesar 0,075, yang berarti 0,075 > 0,05 maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan motivasi kerja pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo. 2) diperoleh nilai probabilitas perbedaan kedisiplinan sebesar 0,157, yang berarti 0,157 > 0,05 maka tidak terdapat perbedaan kedisiplinan pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo. 3) diperoleh nilai probabilitas perbedaan kreativitas sebesar 0,279, yang berarti 0,279 > 0,05 maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang kreativitas guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo. 4) diperoleh nilai probabilitas perbedaan motivasi kerja, kedisiplinan dan kreativitas secara simultan sebesar 0,336 yang berarti 0,336 > 0,05 maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan motivasi kerja, kedisiplinan dan kreativitas secara simultan pada guru PNS dan Non PNS di SDN se-Kecamatan Dolopo.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:07
Last Modified: 17 Nov 2022 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20930

Actions (login required)

View Item View Item