Makna Tangan Allah Menurut Tafsir Al-Sa’dī dan Tafsir Al-Marāghī

Artikasari, Laili (2022) Makna Tangan Allah Menurut Tafsir Al-Sa’dī dan Tafsir Al-Marāghī. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Laili Artikasari_301180052_IAT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Laili Artikasari: Makna Tangan Allah Menurut Tafsir Al-Sa’dī dan Tafsir Al-Marāghī. Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Zahrul Fata, M.IRK., Ph.D.
Kata Kunci: Tangan Allah, Al-Sa’dī, Al-Marāghī.
Istilah tangan Allah atau Yadullah dalam al-Qur’an tidaklah harus berarti tangan secara fisik. Oleh karena itu, maka perlu dilakukan penelitian mendalam tentang makna Yadullah dalam al-Qur’an. Dalam hal ini penulis mengambil tokoh mufasir al-Sa’dī dan al-Marāghī memiliki latar belakang mazhab yang berbeda.
Al-Sa’dī memiliki latar belakang bermazhab salafi menggunakan riwayat dan berpaling dari takwil, sedangkan al-Marāghī yang memiliki latar belakang bermazhab Syafi’i-Asy’ariyah menggunakan riwayat dan takwil. Kajian ini bertujuan untuk mencari penafsiran kedua mufassir serta persamaan dan perbedaan dari masing-masing mufasir baik itu metodologi ataupun substansi penafsirian.
Adapun pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian skripsi ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian library research, dan metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dokumentasi, sehingga buku-buku yang diperoleh berasal dari kajian teks atau buku-buku yang relevan dengan pokok rumusan masalah, dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Sa’dī menafsirkan makna Yadullah dengan arti tangan Allah dan tidak mentakwilkannya kepada makna lain. Sedangkan al-Marāghi menafsirkan makna Yadullah dalam QS. Al-Maidah: 64 dengan arti jasa, kemampuan, milik. Dalam QS. Al-Fath: 10 dengan arti pertolongan Allah. Dan dalam QS. Shaad: 75 dengan arti kemampuan Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zahrul Fata
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:05
Last Modified: 17 Nov 2022 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20929

Actions (login required)

View Item View Item