Keluarga Berencana Dalam Al-Qur'an (Studi Kitab Tafsir Iklil Fi Istinbath Al-Tanzil Karya Djalaludin Asy-Suyuthi)

Widodo, Viery Dedi (2022) Keluarga Berencana Dalam Al-Qur'an (Studi Kitab Tafsir Iklil Fi Istinbath Al-Tanzil Karya Djalaludin Asy-Suyuthi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Non Cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nama Viery Dedi Widodo. NIM 210417008. Keluarga Berencana dalam al-Qur’an (Studi Kitab Tafsir Iklil Fi Istinbath al-Tanzil karya Djalaludin Asy-Suyuthi) Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 1442 H / 2022 M.
Keluarga merupakan cerminan penting untuk kemajuan bangsa dan keterbelakangan suatu bangsa, dalam hal ini aturan dan norma telah tertuang dalam tiap agama dan kepercayaan yang mengatur tentang sebuah keluarga. Hal itu terjalin dalam pernikahan, tujuan sebagai kebutuhan biologis, ketenangan hidup dan berkembangbiak yang bertujuan untuk beribadah kepada Allah. Masih dalam lingkup pernikahan perlu adanya pemeliharan terhadapnya baik itu secara kesehatan jasmani dan rohani. Sebagai bagian dari jasmani, kesehatan reproduksi menjadi tolak ukur seorang insan untuk mengfungsikannya dan rohani juga menjadi tuntunan tentang apa yang telah tercantum dalam setiap kalam. Dalam konteks perkembangan manusia di era dulu hingga sekarang, tercetuslah program yang dinamakan Keluarga Berencana yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh umat manusia. Tentunya hal ini tak terlepas dari ikhtiar manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya yang segala hal telah diatur dalam al-Qur’an dan Hadits.
Dalam hal ini penulis melakukan penelitian terhadap deskripsi Keluarga Berencana dalam Al-Qur’an dan Relevansi Penafsiran Konsep Keluarga Berencana dalam Al-Qur’an atas Tafsir Djalaludin Asy-Suyuthi. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dan menggunakan pendekatan tafsir maudhu’I Konseptual sehingga dapat memberikan gambaran secara konseptual terhadap deskripsi dan relevansi atas penafsiran Keluarga Berencana secara tematik konseptual. Sehingga bisa memberikan gambaran akan Konsep KB seperti apa yang tercantum dalam kitab Iklil Fi Istinbath At-Tanzil.
Hasil analisis ini disimpulkan bahwa deskripsi terhadap penafsiran secara tematik konsep Keluarga Berencana secara segi hukumnya secara tertulis dalam kitab, diperbolehkannya Keluarga Berencana dan Relevansi terhadap penafsiran Djalaludin Asy-Suyuthi apakah selaras dengan konteks masa kini dan bisa digunakan dan ternyata diperbolehkannya konsep ber-KB dikarenakan agar penyempurnaan masa penyusuan terhadap anak yang membutuhkan gizi yang baik dan tentunya banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:54
Last Modified: 17 Nov 2022 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20926

Actions (login required)

View Item View Item