Manajemen Strategik dalam Pengembangan Madrasah Unggul Berbasis Pesantren Studi Kasus di MA Darul Huda Ponorogo Jawa Timur

Rahmad Ibrahim, Rahmad Ibrahim (2022) Manajemen Strategik dalam Pengembangan Madrasah Unggul Berbasis Pesantren Studi Kasus di MA Darul Huda Ponorogo Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180052_RAHMAD IBRAHIM_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ibrahim, Rahmad, 2022. Manajemen Strategik dalam pengembangan Madrasah Unggul Berbasis Pesantren (Studi Kasus di MA Darul Huda Ponorogo Jawa Timur). Skripsi. Fakultas Tarbiyah, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Wahid Hariyanto, M.Pd.I
Kata Kunci: Manajemen Strategik, Pengembangan, Madrasah Unggul, Pesantren
Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang sudah lama berkembang di Indonesia khususnya dalam lingkup pesantren yang telah berhasil membina dan mengembangakan kehidupan beragama di Indonesia. Oleh sebab itu bahwa banyak lulusan dari MA Darul Huda Ponorogo dituntut untuk bisa dalam bermasyarakat khususnya dalam masalah keagamaan yang di situ peserta didik dalam hidup bermasyarakat harus dapat menguasai dalam bidang keagamaan, bidang sosial, maupun bidang ilmu pengetahuan umum baik dari segi ubudiyahnya atau dari segi adabnya atau akhlaqul karimah (tata kramanya). Dalam segi prestasi di setiap sekolahan atau madrasah mestinya semua memiliki, akan tetapi di MA Darul Huda Ponorogo selain memiliki banyak prestasi juga menerapkan akhlaqul karimah, baik denga orang tua, kyainya, guru-gurunya, santri yang senior, dan teman sebayanya, dan juga halnya dalam program pembelajarannya mengikuti ala pesantren. Hal seperti itu tidak banyak ditemui di Madrasah Aliyah yang lain.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan formulasi strategi dalam pengembangan madrasah unggul berbasis pesantren di MA Darul Huda Ponorogo 2) menganalisis implementasi strategi dalam pengembangan madrasah unggul berbasis pesantren di MA Darul Huda Ponorogo 3) menganalisis evaluasi dan pengendalian dalam pengembangan madrasah unggul berbasis pesantren di MA Darul Huda Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Di mana Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk menggali data sesuai dengan rumusan masalah yang telah disusun. Pengumpulan data diperoleh Peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verification atau penarikan kesimpulan. Dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan pendekatan berdasarkan lamannya waktu penelitian agar datanya lebih komprehensif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Formulasi strategi yang dilakukan MA Darul Huda Ponorogo didasarkan ke 8 indikator melalui seleksi peserta didik menggunakan metode palcment test, parenting test, tes keagamaan. Sarpras berbasis IT pengoreksian ujian berbasis scan, ada juga masjid. Lingkungan kondusif mentati tata tertib. Pendidik berkualitas adanya pelatihan. Kurikulum kontekstual kolaborasi kurikulum kemenag dan kurikulum pesantren pembelajaran mapel PAI berbahasa arab. Waktu berkualitas guru tidak hanya menyampaikan materi tetapi juga adab. Pembelajaran bermutu menggunakan Senowball Thorowing pembelajaranya membentuk kelompok diwakili ketua kelompok. Tambahan mapel bulughul marom, ushul fiqih. 2) Implementasi Strategi dalam pengembangan madrasah unggul berbasis pesantren di MA Darul Huda Ponorogo ini seleksi peserta didik melalui tes BTQ. Dalam penilaian hasil jawaban discan nilai keluar otomatis, masjid digunakan sholat dhuha pukul 08:00 diikuti semua peserta didik. Bekerjasama untuk menegakkan norma yang ada. Pelatihan Guru seperti MGMP, PPG, Workshop Literasi & Numerasi. Kurikulum kontekstual pembelajaranya guru membacakan peserta didik mema’nai. Pembelajaran berkualitas disertai belajar adab karena berpengaruh untuk mencapai tujuan. Pembelajaran bermutu membentuk kelompok dilakukan setiap akhir pembelajaran hanya mapel tertentu seperti fiqih. Tambahan materi guru membacakan mapel bulughul marom dari peserta didik mema’nai sebelum akhir pelajaran peserta didik maju dan membaca materi yang sudah di terangkan. 3) Evaluasi dan pengendalian dalam pengembangan madrasah unggul berbasis pesantren di MA Darul Huda Ponorogo mendapat respon positif. Dari program yang dilakukan mampu menarik perhatian calon peserta didik baru mereka tertarik dengan semua kegiatan yang ada di dalam MA sehingga mereka merasa senang dan mendaftarkan diri di MA Darul Huda Ponorogo. Sehingga dari strategi yang digunakan berimplikasi positif terhadap animo calon peserta didik baru dan adanya peningkatkatan jumlah peserta didik baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:30
Last Modified: 17 Nov 2022 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20922

Actions (login required)

View Item View Item