Makna Qurrata A'yun dalam Kitab Tafsir Al Misbah karya Quraisy Shihab

Abadiyah, Sya'adatul (2022) Makna Qurrata A'yun dalam Kitab Tafsir Al Misbah karya Quraisy Shihab. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi mbotik watermak.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sya’adatul Abadiyah. 2022. Makna Qurrata A’yun dalam Tafsir al-Misbah Karya Quraish Shihab. Skripsi. Jurusan Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Zahrul Fata, M.I.R.K,Ph.D.

Kata Kunci: Qurrata A’yun, Penyenang hati, Tafsir Al-Misbah.
Al-Qur’an menjelaskan segala sesuatu yang berkaitan dengan aktifitas manusia sehari-hari tidak terlepas dari kehendak Allah. Al-Qur’an menjadi pedoman dan petunjuk bagi manusia untuk menata kehidupan. Penelitian ini mengkaji tentang beberapa makna dari kata Qurrata A’yun. dalam Qs. al-Furqan ayat 74 dan al-Qasas ayat 9 dan 13 kata Qurrata A’yun tertuju pada keluarga yaitu berbicara tentang pasangan dan anak keturunan. Sedangkan pada Qs. al-Sajdah ayat 17 kata Qurrata A’yun tidak lagi berbicara tentang pasangan dan keturunan. Dalam kajian terdahulu belum secara menyeluruh mengkaji tentang Qurrata A’yun dalam al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka dengan pendekatan deskriptif. Dengan tujuan agar penelitian ini mendapatkan pemahaman secara utuh mengenai Qurrata A’yun dalam al-Qur’an. Sumber utama penelitian ini adalah kitab tafsir al-Misbah karya Quraish Shihab dan juga dibantu dengan dokumen berupa buku-buku, penelitian terdahulu, dan literatur-literatur yang relevan dengan obyek yang dikaji.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis menemukan tiga klarifikasi yang berasal dari kata Qurrata A’yun : Qurrata A’yun sebagai anak yang menurut Quraish Shihab anak bisa dikatakan sebagai Qurrata A’yun adalah anak yang menjadi penyenang hati bagi orang tuanya dan perjalanan hidupnya dilalui sesuai dengan manhaj Allah. Kemudian Qurrata A’yun sebagai pasangan Quraish Shihab adalah pasangan yang membahagiakan suaminya ketika dipandang, dan berakhlak mulia. Yang terakhir adalah Qurrata A’yun sebagai kenikmatan di Surga, dalam hal ini menurut Quraish Shihab, Allah berikan sebagai hadiah dan cinderamata yaitu surga dan gambaran kesempurnaan didalamnya untuk orang-orang yang taat beribadah kepada Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zahrul Fata
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Nov 2022 01:30
Last Modified: 17 Nov 2022 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20921

Actions (login required)

View Item View Item