PERAN PEREMPUAN KARIR DALAM KELUARGA PRESPEKTIF MAṢLAḤAH (Studi Kasus terhadap Istri sebagai Perempuan Karier di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo)

Listiyani, Eka (2022) PERAN PEREMPUAN KARIR DALAM KELUARGA PRESPEKTIF MAṢLAḤAH (Studi Kasus terhadap Istri sebagai Perempuan Karier di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180040_EKA LISTIYANI_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Listiyani, Eka, 2022. Peran Perempuan Karir Dalam Keluarga Prespektif Maṣlaḥah (Studi Kasus terhadap Istri sebagai Perempuan Karir Di Desa Duri Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo) Skripsi. Fakultas Syariah Jurusan Hukum Keluarga Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Shofwatul Aini, M.S.I.

Kata Kunci/ Keywords : Peran, Perempuan karir, Maṣlaḥah
Maṣlaḥah artinya yang umum adalah setiap sesuatu yang bermanfaat bagi manusia, baik dalam arti menarik atau menghasilkan seperti menghasilkan keuntungan atau kesenangan, atau dalam arti menolak atau menghindarkan seperti menolak kemudaratan atau kerusakan. Di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo ini terdapat beberapa perempuan yang memutuskan bekerja dengan berbagai alasan. Beberapa alasan tersebut yaitu, mereka bekerja dikarenakan membantu perekonomian keluarga, mengembangkan potensi yang ada pada dirinya, dan memanfaatkan ilmu yang didapatnya semasa kuliah. Perempuan yang bekerja harus bisa membagi waktu antara pekerjaan publik dan pekerjaan domestiknya. Akan tetapi ada beberapa perempuan yang lebih mengedepankan karirnya dari pada keluarganya, sehingga membuat rumah tangganya menjadi tidak harmonis dan sejahtera.
Berdasarkan latar belakang di atas penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana analisis maṣlaḥah terhadap perempuan karir yang mencari nafkah di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo? Bagaimana analisis maṣlaḥah terhadap perempuan karir dalam hal tugas domestiknya di Desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo?
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah, menurut analisis maṣlaḥah terhadap perempuan yang berkarir pada perannyan sebagai seorang pencari nafkah di Desa Duri termasuk dalam memelihara jiwa dengan tingkatan maṣlaḥah ḥājīyah, hal ini dikarenakan apabila mereka tidak ikut bekerja maka kebutuhan sehari-hari tidak bisa dipenuhi secara maksimal. Selain itu ada juga yang termasuk dalam maṣlaḥah tahsiniyyah, karena ingin mengembangkan potensi yang ada pada dirinya dan memanfaatkan ilmu yang diperoleh semasa kuliah. Sedangkan menurut perannya sebagai seorang ibu termasuk ke dalam memelihara agama dengan tingkatan maṣlaḥah ḍarūrīyah, karena para ibu mengajarkan pendidikan agama dan hal tersebut termasuk salah satu upaya untuk memelihara agama. Selain itu para orang tua juga membimbing anak-anaknya dalam mengerjakan tugas sekolah dan menanamkan sikap disiplin pada diri anak hal itu termasuk contoh dalam memelihara akal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SHOFWATUL AINI
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:49
Last Modified: 16 Nov 2022 04:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20918

Actions (login required)

View Item View Item