Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial guru Terhadap pengelolaan kelas di min 2 ponorogo

Nikmah, Septa Khoirun (2022) Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial guru Terhadap pengelolaan kelas di min 2 ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180228_SEPTA KHOIRUN NIKMAH_PGMI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khoirun Nikmah, Septa. 2022. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Sosial Guru
Dengan Pengelolaan Kelas di MIN 2 Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (IAIN)
Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Pengelolaan Kelas.
Pengelolaan kelas yang merupakan salah satu keterampilan guru dalam menciptakan
dan memelihara kondisi belajar yang optimal sehingga proses pembelajaran bisa berjalan
dengan efektif. Namun di MIN 2 Ponorogo kondisi pengelolaan kelas sudah berjalan dengan
baik tetapi masih ada kesenjangan dalam mengelola suasana ruang kelas agar kondusif . hal
ini ditunjukkan ketika kelas menjadi ramai karena belum terciptanya lingkungan yang
mendorong anak dalam aspek perkembangan. Oleh karena itu pentingnya kompetensi guru
sangat diperlukan pada saat proses pembelajaran berlangsung, tetapi peneliti hanya
membahas dua jenis kompetensi yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial karena
pada kompetensi pedagogik berisi tentang kemampuan mengelola peserta didik, sedangkan
kompetensi sosial berisi tentang kemampuan seorang pendidik untuk berinteraksi secara
efektif dengan peserta didik, sehingga proses pembelajaran bisa mencapai sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) hubungan kompetensi pedagogik guru
dengan pengelolaan kelas di MIN 2 Ponorogo (2) kompetensi sosial guru dengan pengelolaan
kelas di MIN 2 Ponorogo, (3) hubungan kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial guru
dengan pengelolaan kelas di MIN 2 Ponorogo.
Metode peneliti dalam penelitian ini kuantitatif dengan sampel penelitian 10
responden, menggunakan rancangan penelitian jenis korelasi. Teknik pengumpulan data
menggunakan data angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan
korelasi sederhana dan korelasi berganda.
Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh antara
variabel kompetensi pedagogik dengan pengelolaan kelas diperoleh rhitung sebesar 0,817 >
rtabel 0,325, (2) terdapat pengaruh antara variabel kompetensi sosial dengann pengelolaan
kelas diperoleh rhitung sebesar 1 > rtabel 0,325 maka dapat disimpulkan bahwa ada
hubungan antara variabel kompetensi sosial dengan pengelolaan kelas, maka dapat
disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel kompetensi sosial dengan pengelolaan
kelas, (3) terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial diperoleh
koefisien korelasi adalah 0,972, hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang sedang.
Sedangkan kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel lingkungan belajar dan
fasilitas pembelajaran jarak jauh dengan minat belajar adalah 94,5% sedangkan 75,7%
ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fathmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:51
Last Modified: 16 Nov 2022 03:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20902

Actions (login required)

View Item View Item