PENGARUH DISIPLIN SHOLAT BERJAMAAH TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI PONDOK PESANTREN AL- BAROKAH MANGUNSUMAN PONOROGO

Fitriani, Annisa (2022) PENGARUH DISIPLIN SHOLAT BERJAMAAH TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI PONDOK PESANTREN AL- BAROKAH MANGUNSUMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi nispul watermak.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Annisa Fitriani,2022: Pengaruh Disiplin Sholat Berjamaah Terhadap Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Al- Barokah Mangunsuman Ponorogo, Skripsi Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Muhammad Nurdin, M.Ag.
Kata kunci: Disiplin Shalat Berjamaah, Kecerdasan Spiritual
Sholat merupakan tiang agama yang dijadikan tolok ukur kualitas keimanan dalam diri seseorang. Ibadah sholat termasuk dalam rukun islam yang ke dua, setelah mengucapkan dua kalimat syahadat, dimana hukum melaksanakannya adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan yang mukallaf. Disiplin shalat dalam konteks perwujudan nilai-nilai kecerdasan dalam kehidupan sehari-hari merupakan sebuah proses pembiasaan individu dalam menginternalisasikan nilai-nilai tersebut sehingga menjadi sebuah sikap dan perilaku yang kemudian mewarnai sikap hidup seseorang. Rumusan masalah penelitian ini bermaksud untuk meneliti (1) Bagaimana tingkat kedisiplinan sholat berjamaah santri di pondok pesantren Al-Barokah Mangunsuman? (2) Bagaimana tingkat kecerdasan spriritual santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman? (3) Bagaimana pengaruh kedisiplin sholat berjamaah terhadap kecerdasan spiritual Santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan sholat berjamaah santri, untuk mengetahui tingkat kecerdasan spiritual santri, serta pengaruh kedisiplinan sholat berjamaah terhadap kecerdasan spiritual santri pondok pesantren Al-Barokah Mangunsuman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 56 responden, dengan teknik pengumpulan data meggunakan kuisioner dan analisis yang digunakan yaitu uji instrumen (validitas dan reliabilitas), statistik inferensial (uji normalitas dan linieritas) dan menggunakan korelasi untuk menjawab rumusan masalah.
Hasil dari penelitian ini adalah Tingkat kedisiplinan shalat berjamaah santri pondok pesantren Al-Barokah Mangunsuman Ponorogo, 38 dari 56 responden mayoritas berada pada tingkat kedisiplinan shalat berjamaah pada kategori sedang. Tingkat kecerdasan spiritual yang dialami santri pondok pesantren Al-Barokah Mangunsuman Ponorogo, 34 dari 56 responden mayoritas berada pada tingkat kecerdasan spiritual pada kategori sedang. tidak terdapat hubungan antara disiplin shalat berjamaah dengan kecerdasan spiritual santri di pondok pesantren Al-Barokah Mangunsuman Ponorogo. Hasil penelitian yang diperoleh 5% r hitung = 0,266 dan r tabel = 1,280 sehingga, r hitung < r tabel maka Ho ditrima Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:25
Last Modified: 16 Nov 2022 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20872

Actions (login required)

View Item View Item