..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSEUJUAN, UPLOAD ULANG)..Analisis Framing Detik.com Dalam Pemberitaan Adzan di Media Perancis Agency Franca Presse (AFP)

Ardinza, Viky (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSEUJUAN, UPLOAD ULANG)..Analisis Framing Detik.com Dalam Pemberitaan Adzan di Media Perancis Agency Franca Presse (AFP). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Viky Ardinza - 302180126 Skripsi (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media online merupakan salah satu media yang sangat digemari masyarakat untuk mendapatkan sebuah informasi atau berita. Penelitian ini meneliti lima berita yang di terbitkan oleh media online Detik.com tentang pemberitaan media asing Perancis Agency France Presse (AFP), yang menyoroti adzan di Indonesia dengan mengunggah berita yang berjudul “Piety or Noise Nuisance? Indonesia Tackles Call to Prayer Volume Backlash (Ketakwaan atau gangguan kebisingan? Indonesia Mengatasi Reaksi Volume Adzan)”.
Tujuan serta Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Detik.com membingkai lima beritanya dengan empat elemen framing Robert Entman yaitu aspek Define problem, aspek Diagnose Cause, aspek Make Moral Judgement, dan aspek Treatment Recomendation. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Analisis Framing dengan menggunakan pendekatan kualitatif, Pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan dan dokumentasi Teknik analisis data menggunakan analisis framing model Robert Entman dengan empat aspek Define problem, aspek Diagnose Cause, aspek Make Moral Judgement, dan aspek Treatment Recomendation.
Hasil dari penelitian ini adalah dilihat dari elemen framing Define problem, media Detik.com berusaha mendefinisikan masalah yang terjadi tentang permberitaan media asing Perancis Agency France Presse (AFP) dibuktikan dari lima berita tersebut media Detik.com cenderung menuliskan tanggapan dari beberapa pihak di Indonesia. Diagnose Causes, Framing yang dikembangkan oleh Detik.com dalam lima berita yaitu menyebutkan sumber dari permasalahan yang sedang terjadi sehingga menimbulkan polemic dimasyarakat yaitu adanya pemberitaan media asing Perancis Agency France Presse (AFP), menyoroti adzan di Indonesia. disini Detik.com berusaha untuk menunjukan sumber yang menjadi polemic pada masyarakat Indonesia yaitu pemberitaan tentang adzan yang disebut berisik oleh media asing AFP. Make Moral Judgemant, terlihat media Detik.com berusaha menampilkan nilai moral yang membantah pemberitaan media AFP dengan menunjukan pernyataan, tanggapan serta peraturan yang menguatkan bahwa adzan di Indonesia tidak sesuai dengan yang diberitakan media asing AFP. Treatment Recommendation media Detik.com lebih menonjolkan penyelesaian masalah yang ada untuk menyangkal serta menyanggah pernyataan media asing asing Perancis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:24
Last Modified: 16 Nov 2022 01:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20871

Actions (login required)

View Item View Item