..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..ANALISIS KESIAPAN PESERTA DIDIK DALAM PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL(Studi Kasus di MIT Nurul Amal Parang Magetan)

Khasanah, Mayga Alif Nur (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..ANALISIS KESIAPAN PESERTA DIDIK DALAM PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL(Studi Kasus di MIT Nurul Amal Parang Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180036__MAYGA_ALIF_NUR_KHASANAH__MANAJEMEN_PENDIDIKAN_ISLAM[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Alif Nur Khasanah, Mayga. 2022. Analisis Kesiapan Peserta Didik dalam Pelaksanaan Asesmen Nasional (Studi Kasus di Mit Nurul Amal Parang Magetan). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.

Kata Kunci: Kesiapan, Asesmen Nasional, Kendala

Asesmen Nasional (AN) pembaharuan sistem evaluasi pendidikan yang pastinya memiliki beberapa perbedaan pada proses, waktu bahkan peserta ujiannya. Dengan digantikanya ujian nasional yang sebelumnya digunakan untuk mengevaluasi pendidikan di Indonesia menjadi AN, menimbulkan banyak pertanyaan dan diperbincangkan pada dunia pendidikan. Sehingga menumbuhan minat peneliti untuk melakukan penelitian terkait persiapan peserta didik dan kendala yang dihadapi peserta didik dalam menghadapi AN. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan Menganalisis kesiapan anak dalam menghadapi AN tahun ajaran 2021-2022, (2) Mengetahui dan Menganalisis kendala yang mungkin oleh peserta didik pada proses pelaksanaan AN tahun 2021-2022
Jenis penelitian ini yang digunakan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis field research, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Jenis pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model interaktif dengan menggunakan empat alur. Yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Kesiapan peserta didik dalam menghadapi AN sudah dapat dikatakan siap dengan melihat beberapa indikator seperti; (a) menjaga komunikasi baik dengan wali murid untuk bersama menyukseskan AN dengan menjaga kondisi fisik dan mental peserta didik. (b) pendampingan belajar dan pemberian breafing terkait AN., (2) Kendala dan solusi yang dialami peserta didik dalam persiapan pelaksanaan AN; (a) Peserta didik sangat kesusahan dalam memahami soal HOTS solusi: Pemberian jam tambahan untuk pengerjaan soal sekaligus pejelasan cara penyelesaiaannya, (b) Tidak adanya buku panduan terkait soal-soal AN solusi: pendidik dengan menyusunkan soal dan anjuran untuk membeli buku paduan pribadi, (c) kurang cakapnya peserta didik dalam mengoprasikan sistem AN yang berbasis komputer solusi: memberikan pendampingan khusus, (e) fasilitas yang kurang mewadai solusi: meminjam sarana (komputer / leptop) kepada seluruh anggota sekolah yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asyrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:03
Last Modified: 16 Nov 2022 01:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20857

Actions (login required)

View Item View Item