Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Anak terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri Madin Nurul Huda di Desa Ngrupit, Kec. Jenangan, Kab. Ponorogo tahun 2021/2022

Lestari, Endah Dwi (2022) Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Anak terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri Madin Nurul Huda di Desa Ngrupit, Kec. Jenangan, Kab. Ponorogo tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180073 ENDAH DWI LESTARI PAI-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk membaca Al-Qur’an, karena seseorang dituntut untuk membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Melihat realita sekarang terdapat problem yang terjadi dikalangan pendidikan khususnya di kalangan madrasah diniyah Nurul Huda. Di antara problem yang terjadi adalah terdapat beberapa anak yang tidak masuk sekolah diniyah, tidak sesuai kaidah tajwid dalam membaca Al-Qur'an, kurangnya pemanfaatan waktu yang baik dan rendahnya motivasi belajar baca Al-Qur'an. Hal tersebut terjadi dikarenakan beberapa faktor diantaranya adalah kurangnya dukungan orang tua dan kurangnya motivasi belajar pada diri anak. Dari hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti, melalui wawancara dengan salah satu kepala sekolah yang ada di Madin Nurul Huda di desa Ngrupit, Jenangan, Ponorogo,diperoleh beberapa informasi bahwa anak-anak di Madin Nurul Huda, kemampuan membaca Al-Qur’annya masih belum maksimal. Hal ini ditandai dengan beberapa bukti sebagai berikut: anak-anak dalam membaca Al-Qur’an masih kurang lancar, belum sesuai dengan kaidah Ilmu Tajwid yang baik dan benar, serta dalam pengucapan huruf-huruf Hijaiyah belum sesuai dengan makhorijul hurufnya.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an santri Madin Nurul Huda di desa Ngrupit, Kec. Jenangan, Kab. Ponorogo Tahun 2021/2022. (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar anak terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an santri Madin Nurul Huda di desa Ngrupit, Kec. Jenangan, Kab. Ponorogo Tahun 2021/2022. (3) mengetahui pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar anak terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an santri Madin Nurul Huda di desa Ngrupit, Kec. Jenangan, Kab. Ponorogo Tahun 2021/2022. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalampenelitian ini adalah semua santri yang level membacanya sudah Al-Qur’an yang berjumlah 41 anak. Dalam penelitian ini menggunakan sampel nonprobability dengan sampel jenuh yang berjumlah 36 anak. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) Dukungan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Madin Nurul Huda, dengan prosentase sebanyak 79,0%. (2) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Madin Nurul Huda, dengan prosentase sebanyak 38,1%. (3) Dukungan orang tua dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri di Madin Nurul Huda, dengan prosentase sebanyak 81,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kasnun
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:58
Last Modified: 16 Nov 2022 00:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20850

Actions (login required)

View Item View Item