Dampak Pernikahan Di Bawah Umur Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga Perspektif Psikologi Keluarga Islam (Studi Kasus Di Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo)

Anjarsari, Oktafia Putri (2022) Dampak Pernikahan Di Bawah Umur Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga Perspektif Psikologi Keluarga Islam (Studi Kasus Di Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180196_Oktafia Putri Anjarsari_HKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Anjarsari, Oktafia Putri. 2022. Dampak Pernikahan Di bawah Umur Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga Perspektif Psikologi Keluarga Islam (Studi Kasus di Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Imroatul Munfaridah, M.S.I.
Kata Kunci:Pernikahan, Keharmonisan, Psikologi Keluarga Islam.
Di Desa Kalimalang tingkat kenakalan remajanya lebih banyak dibandingkan desa lainnya yang menyebabkan terjadinya hamil diluar nikah, yang mana usia mereka semua masih di bawah umur, sehingga akibat dari pernikahan di bawah umur itu maka perjalanan dalam rumah tangganya akan sering terjadi konflik dan berkurangnya keharmonisan rumah tangga.
Berdasarkan uraian diatas penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut : (1) Bagaimana pengaruh kesiapan mental pasangan pernikahan di bawah umur terhadap keharmonisan rumah tangga perspektif Psikologi Keluarga Islam; (2) Bagaimana upaya pasangan pernikahan di bawah umur dalam mewujudkan keharmonisan rumah tangga perspektif Psikologi Keluarga Islam.
Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, skripsi ini akan menggambarkan beberapa data yang diperoleh dari lapangan, baik dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Kemudian dilanjutkan dengan proses reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dengan metode analisis data. Selain itu proses analisa tersebut juga didukung dengan kajian pustaka sebagai referensi untuk memperkuat data yang diperoleh dari lapangan. Sehingga dengan proses semacam itu dapat diperoleh kesimpulan sebagai jawaban atas dua rumusan masalah diatas.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan pertama bahwa pernikahan yang dilakukan oleh pasangan di bawah umur di Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo adalah tidak sesuai dengan Psikologi Keluarga Islam karena pasangan tersebut belum memiliki kesiapan mental dalam membina rumah tangga dan sering terjadi konflik yang mengakibatkan kurangnya keharmonisan rumah tangga. Kedua bahwa upaya yang dilakukan pasangan pernikahan di bawah umur tersebut dalam mewujudkan keharmonisan rumah tangga adalah sesuai dengan Psikologi Keluarga Islam yaitu dengancara penyesuaian diri, saling menerima, saling pengertian, kerukunan keluarga dan saling terbuka. Dengan demikian pasangan pernikahan di bawah umur tersebut mampu mempertahankan keutuhan rumah tangganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Imroatul Munfaridah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:58
Last Modified: 16 Nov 2022 00:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20847

Actions (login required)

View Item View Item