Pengaruh Motivasi dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Tahun Pelajaran 2021/2022

Nur, Asyaif Alfatah (2022) Pengaruh Motivasi dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180041_ASYAIF ALFATAH NUR_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar dapat menjadi indikator berhasil tidaknya kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa. Data yang diperoleh penulis melalui dokumentasi menunjukkan nilai ujian akhir semester ganjil 15,32% siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung pada mata pelajaran PAI masih berada di bawah KKM. Penulis menduga permasalahan tersebut disebabkan oleh motivasi belajar siswa dan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan motivasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022. (2) menjelaskan pola asuh orang tua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022. (3) menjelaskan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022. (4) menjelaskan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022. (5) menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022. (6) menjelaskan pengaruh motivasi dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 1 Kebonagung yang berada di Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan sampel penelitian 124 dari 182 siswa. Teknik Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat 18 siswa dengan motivasi tinggi, 84 siswa dengan motivasi sedang dan 22 siswa dengan motivasi rendah di kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022. (2) terdapat 3 siswa dengan pola asuh orang tua otoriter, 120 siswa dengan pola asuh orang tua demokratis dan 1 siswa dengan pola asuh orang tua permisif di kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022. (3) terdapat 15 siswa dengan prestasi belajar tinggi, 91 siswa dengan prestasi belajar sedang dan 18 orang siswa dengan prestasi belajar rendah di kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022. (4) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022 dengan persentase sebesar 7% sedangkan 93% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.(5) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022 dengan persentase 3,7% sedangkan 96,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. (6) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2021/2022 dengan persentase 6,8% sedangkan 93,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:57
Last Modified: 16 Nov 2022 00:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20846

Actions (login required)

View Item View Item