Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SKI Siswa Kelas XI MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo

Muhlisin, Muhamad Khoirul (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SKI Siswa Kelas XI MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180152_Muhamad KhoirulMuhlisin_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Muhamad Khoirul Muhlisin. 2022. Penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw learning untuk meningkatkan hasil belajar SKI siswa kelas XI MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo
. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M. Pd

Kata Kunci: Penerapan, Strategi Jigsaw Learning, dan Meningkatkan Hasil Belajar
Pendidikan Agama Islam pada dasarnya mempunyai peranan yang sangat penting dan paling strategis dalam menciptakan manusia untuk memiliki kemampuan intelektual dan berjiwa muslim. Untuk mencapai hal tersebut perlu kiranya sistem yang disampaikan dalam proses Pendidikan Agama Islam terutama metode dan sistem penyampaian guru dalam Kegiatan Belajar di kelas perlu menggunakan inovasi metode mengajar yang bervariasi sesuai dengan pokok bahasan yang disampaikan. Sebagai agen pembelajaran guru tidak hanya bertugas sebagai pengajar dan pendidik saja tetapi harus pula memiliki kemampuan dalam memilih metode pembelajaran yang paling tepat untuk siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya secara efektif dan efisien. Dalam penelitian ini menerapkan strategi Jigsaw Learning dalam Pembelajaran SKI yang berupaya untuk memaksimalkan dan meningkatkan hasil belajar.
Adapun dalam rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana langkah-Langkah metode jigsaw learning untuk meningkatkan prestasi belajar SKI di kelas XI MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo ? (2) Apakah hasil penerapan strategi jigsaw learning dalam meningkatan belajar SKI di kelas XI MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo ?
Untuk menjawab pertanyaan diatas peneliti menggunakan Penelitian Tindakan, berupa Perencanaan/ planning, Tindakan/ acting, Pengamatan/ observ, Refleksi/ reflecting. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif.
Dari Penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Dapat dilihat pada grafik batang, Dimulai dari tahap pra siklus sampai siklus II terdapat peningkatan siswa yang tuntas dalam menjawab soal yang diberikan guru sebagai hasil belajar. Presentase pada pra siklus menunjukkan 47% siswa yang tuntas, kemudian meningkat pada siklus I yaitu 76%. Terakhir pada siklus II meningkatkan secara signifikan menjadi 94% siswa yang tuntas. Secara otomatis persentase pada siswa yang belum tuntas menurun secara signifikan pula. Selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran SKI siswa kelas XI MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo. Selanjutnya pada siklus II pula terdapat beberapa indikator mengalami peningkatan skor dari 3 menjadi 4. Yaitu pada indikator keseriusan siswa dalam belajar, keaktifan siswa dalam kelas, keberanian siswa dalam bertanya, terciptanya suasana kondusif dan menyenangkan, dan ketepatan siswa dalam menyelesaikan tugas. Hal ini dapat dijadikan alasan bahwa pembelajaran menggunakan metode jigsaw learning pada pembelajaran SKI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat beberapa indikator mengalami peningkatan skor dari 3 menjadi 4. Yaitu pada indikator keseriusan siswa dalam belajar, keaktifan siswa dalam kelas, keberanian siswa dalam bertanya, terciptanya suasana kondusif dan menyenangkan, dan ketepatan siswa dalam menyelesaikan tugas. Hal ini dapat dijadikan alasan bahwa pembelajaran menggunakan metode jigsaw learning pada pembelajaran SKI dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan mempertimbnagkan kelebihan dan kekurangan dari metode tersebut. Serta terdapat faktor lain yang dapat dijadikan meningkatnya hasil belajar siswa kelas XI MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo pada mata pelajaran SKI yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:56
Last Modified: 16 Nov 2022 00:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20844

Actions (login required)

View Item View Item