Gambaran Tingkat Kecemasan Istri terhadap Pemakaian Alat Kontrasepsi Suntik, IUD dan Implant

Nur'aini, Laela Dwi (2022) Gambaran Tingkat Kecemasan Istri terhadap Pemakaian Alat Kontrasepsi Suntik, IUD dan Implant. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Final upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nuraini, Laela Dwi. 2022. Gambaran Tingkat Kecemasan Istri Terhadap Pemakaian Alat Kontrasepsi Suntik, IUD Dan Implant. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Muhamad Nurdin, M.Ag,

Kata Kunci: Tingkat kecemasan dan alat kontrasepsi
Keluarga Berencana merupakan salah satu program pembangunan nasional yang sangat penting dalam rangka mewujudkan keluarga Indonesia yang sejahtera. Salah satu program keluarga berencana adalah mengontrol jumlah dan jarak kelahiran anak, untuk mengontrol kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi. Dalam agama juga memperbolehkan alat kontrasepsi jika tidak ada madharat atau bahayanya sedikit. Di antara ulama yang membolehkan alat kontrasepsi adalah Imam al-Ghazali, Syaikh al-Hariri, Syaikh Syaltut.
Dalam merencanakan keluarga yang berkualitas, maka salah satu syaratnya adalah setiap keluarga merencanakan kapan mulai berkeluarga dan berapa jumlah anak ideal yang dimiliki, serta menjaga kesehatan reproduksinya. Sementara untuk melahirkan generasi yang unggul tersebut diperlukan langkah-langkah, salah satunya adalah dengan mengatur jarak kehamilan istri yang seimbang dan aman. Alat Kontrasepsi menjadi salah satu alat yang digunakakn untuk mengatur jarak kelahiran dan jumlah anak. Namun, alat kontrasepsi juga mempunyai efek samping diantaranya, perdarahan, tidak menstruasi, flek, dan luka pada jalan lahir pada pemakaian IUD, berat badan naik, tidak nyaman ketika berhubungan dengan pasangan dan lain sebagainya.
Kekurangan yang dimiliki alat kontrasepsi menimbulkan rasa cemas terhadap penggunanya. Dari latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) Bagaimana keadaan fisik perempuan setelah memakai alat kontrasepsi, (2) Bagaimana gambaran tingkat kecemasan perempuan setelah menggunakan alat kontrasepsi.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penulis dalam melakukan penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang tidak perlu menguji hipotesis tetapi hanya menggambarkan suatu objek. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif yang bertujuan mencari gambaran tingkat kecemasan istri pada penggunaan alat kontrasepsi suntik, IUD, dan implant. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuesioner. Peneliti menggunakan 10 responden sebagai sampel.
Proses penyebaran kuesioner dilakukan dengan memberikan kuesioner terhadap responden yang pernah memakai alat kontrasepsi secara online dengan menggunakan teknik Self-Administered Questionnaires. Teknik pengumpulan data yang mencakup wilayah tertentu sehingga memudahkan peneliti dalam mengumpulkan semua data yang diperlukan dengan waktu yang relatif lebih singkat.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa (1) 50% perempuan memiliki dua sampai tiga anak setelah menggunakan alat kontrasepsi. (2) Adanya tingkat kecemasan yang berbeda pada simtom suasana hati, simtom motorik, dan simtom kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:55
Last Modified: 16 Nov 2022 00:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20842

Actions (login required)

View Item View Item