...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pesan Dakwah Dalam Iklan Hilo Soleha Di Channel Youtube Hilo Soleha (Analisis Semiotika Rolland Barthes)

Damayanti, Elfia (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pesan Dakwah Dalam Iklan Hilo Soleha Di Channel Youtube Hilo Soleha (Analisis Semiotika Rolland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ELFIA DAMAYANTI KPI 2018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Elfia Damayanti. 2022. Pesan Dakwah dalam Iklan Hilo Soleha di Channel Youtube Hilo Soleha (Analisis Semiotika Rolland Barthes). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, M.A.

Kata Kunci: Pesan Dakwah, Iklan, Analisis Semiotika
Pesan dakwah merupakan salah satu unsur utama dalam berdakwah. Tanpa adanya pesan, kegiatan berdakwah tidak memiliki nilai apa-apa. Proses dakwah dapat dilaksanakan melalui beberapa kegiatan dengan lisan atau tulisan dan juga bisa dengan perilaku atau perbuatan. Pesan dakwah menjadi layak untuk diteliti karena semakin pudarnya masalah keimanan dan gaya hidup pada zaman sekarang yang tercampur budaya barat. Pesan dakwah diartikan sebagai ajaran perilaku baik atau buruk seseorang yang ada di suatu masyarakat. Dengan adanya fakta bahwa semakin jarangnya iklan yang berbau pesan dakwah, maka penulis tertarik untuk meneliti pesan dakwah yang terkandung di dalam Iklan Hilo Soleha.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotatif, konotatif, mitos dan representasi pesan dakwah yang ada dalam iklan Hilo Soleha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berfungsi untuk menjelaskan deskripsi dan memaparkan situasi atau wacana mengenai iklan Hilo Soleha di channel youtube Hilo Soleha. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis semiotik berdasarkan pemikiran Rolland Barthes untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dan diuji keabsahannya menggunakan teknik ketekunan pengamatan.
Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Makna Denotasi dalam hilo soleha yaitu seseorang yang menjalani kehidupan dengan semangat optimis, menjalankan perintah Tuhan-Nya 2) Makna Konotasi dalam hilo soleha yaitu sebagai manusia hendaknya menjalankan perintah yang sudah diajarkan seperti selalu memakai hijab, saling meringankan beban sesama serta bermuamalah dengan baik 3) Makna Mitos dalam hilo soleha yaitu seorang wanita muslimah dimanapun tempatnya dituntut menjadi pribadi yang kreatif, tegar dan selalu ceria serta menebar senyum kebaikan beraura positif 4) Representasi pesan dakwah dalam hilo soleha yaitu seorang wanita muslim yang menjaga kesuciannya dan menutup auratnya, mu’amalah ma’al ghair baik sesama ataupun bukan muhrimnya dimanapun bersama siapapun, atau bahkan rekan kerjapun, berakhlak baik mentaati perintah Tuhan-Nya serta optimis, menghormati sesama, lemah lembut dan rendah hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:46
Last Modified: 15 Nov 2022 03:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20837

Actions (login required)

View Item View Item