Penanaman Karakter Disiplin Siswa Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Karate Di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo

Zanah, Umi Miftahul (2022) Penanaman Karakter Disiplin Siswa Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Karate Di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180121_UMI MIFTAHUL ZANAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penanaman karakter bagi siswa sekolah dasar merupakan sesuatu yang harus diperhatikan agar tujuan untuk mewujudkan generasi yang berkarakter dapat tercapai. Pasalnya penanaman karakter ini harus dimulai sejak dini agar siswa mempunyai karakter yang baik ketika sudah berada di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Dalam mewujudkan sumber daya manusia yang diharapkan, maka perlunya sebuah upaya untuk mengoptimalisasikan proses penanaman karakter agar nilai-nilai pendidikan karakter dapat direalisasikan dalam diri siswa. Salah satu karakter yang perlu ditanamkan sejak dini adalah karakter disiplin. Pasalnya tingkat kedisiplinan siswa saat ini semakin rendah. Pelanggaran yang sering dilakukan siswa SDIT Qurrota A’yun adalah terlambat datang ketika ke sekolah. Untuk itu perlu adanya upaya penanaman karakter agar ketidaksiplinan siswa dapat teratasi. SDIT Qurrota A’yun mendukung proses penanaman karakter disiplin ini dengan memberikan program pendukung yaitu ekstrakurikuler karate. Dalam ekstrakurikuler ini siswa tidak hanya diajarkan tentang ilmu bela diri saja, akan tetapi penanaman karakter disiplin dalam ekstrakurikuler ini diimplementasikan dalam berbagai kegiatan ketika latihan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penanaman ekstrakurikuler karate di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo (2) mendeskripsikan hambatan yang dihadapi dalam penanaman karakter disiplin siswa melalui ekstrakurikuler karate di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo (3) mendeskripsikan solusi untuk mengatasi hambatan penanaman karakter disiplin siswa pada ekstrakurikuler karate di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan prosedur pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles dan Huberman meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) penanaman karakter disiplin siswa pada ekstrakurikuler karate di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo meliputi: hadir tepat waktu ketika latihan, menggunakan seragam dan sabuk sesuai dengan ketentuan, berbaris rapi ketika upacara pembukaan maupun penutupan latihan, mengikuti pembacaan sumpah karate setiap latihan, mendengarkan dan memperhatikan pelatih ketika pelatih memberikan materi dan mengikuti aturan gerakan dalam latihan karate (2) hambatan yang dihadapi dalam penanaman karakter disiplin siswa pada ekstrakurikuler karate adalah terdapat beberapa siswa yang terlambat datang latihan, tipe dan karakter siswa yang bermacam-macam, jumlah rasionalitas antara pelatih dan siswa yang tidak seimbang dan ketidakstabilan mood siswa ketika mengikuti latihan (3) solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah (a) komunikasi bersama siswa dengan membuat kesepakatan tentang konsekuensi yang akan siswa dapatkan ketika datang terlambat (b) menyesuaikan metode yang digunakan dengan kemampuan dan kondisi siswa (c) membagi siswa menjadi beberapa kelompok campuran yang dipimpin salah satu siswa dengan tingkatan sabuk lebih tinggi sehingga siswa yang sudah mengasai materi mampu membantu pelatih untuk melatih teman yang lain (4) mengkomunikasikan kepada orang tua siswa tentang kondisi anak ketika di tempat latihan serta mengedukasi para orang tua tentang pola asuh yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:35
Last Modified: 15 Nov 2022 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20831

Actions (login required)

View Item View Item