Strategi Pengelolaan Akun Instagram @ariesskuliner Sebagai Media Komunikasi Dalam Mempromosikan Kuliner Di Ponorogo

Salsabila, Andan Ayu (2022) Strategi Pengelolaan Akun Instagram @ariesskuliner Sebagai Media Komunikasi Dalam Mempromosikan Kuliner Di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
302180067_Andan Ayu Salsabila_Komunikasi dan Penyiaran Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknologi komunikasi dan informasi semakin canggih dan berkembang pesat. Internet merupakan media yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mencari segala hal yang ingin diketahui ataupun hanya untuk eksitensi, salah satunya yaitu media sosial. Salah satu media sosial yang paling diminati saat ini adalah Instagram. Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki wisata kuliner yang sangat pesat. Instagram menjadi salah satu media untuk melakukan promosi. Oleh karena itu, dalam menggunakan akun media sosial Instagram harus menggunakan strategi pengelolaan agar sesuai dengan rencana.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) strategi pengelolaan akun instagram @ariesskuliner dalam mempromosikan kuliner di Ponorgo, (2) hasil pengelolaan akun instagram @ariesskuliner, (3) tantangan dalam pengelolaan Instagram @ariesskuliner. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan model Miles dan Huberman. Informan pada penelitian ini adalah founder akun @arisskuliner, pengusaha kuliner, dan followers.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pengelolaan akun Instagram @ariesskuliner yaitu dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi. Kedua, hasil yang didapat dalam mengelola akun @ariesskuliner yaitu adanya peningkatan follower yang signifikan setiap sebulan, dan pengusaha kuliner sangat puas dengan penyampaian konten yang disajikan secara menarik. Ketiga, tantangan dalam penegelolaan akun @ariesskuliner ini yaitu berupa mencari konten yang berbeda, adanya persepsi negatif, dan konsistensi dalam mengupload konten.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Irfan Riyadi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 01:06
Last Modified: 15 Nov 2022 01:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20822

Actions (login required)

View Item View Item