Style Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Akses Informasi Di Kalangan Mahasiswa KPI Angkatan 2021 Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Ponorogo

Ningtiyas, Yunita Pratama (2022) Style Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Akses Informasi Di Kalangan Mahasiswa KPI Angkatan 2021 Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
302180057_Yunita Pratama Ningtiyas_KPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ningtiyas, Yunita Pratama. 2022. Style Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Akses Informasi Di Kalangan Mahasiswa KPI Angkatan 2021 Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwa IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, M. A.

Kata kunci: Style Penggunaan, Media Sosial, Informasi.

Di era kemajuan perangkat teknologi yang sekarang gaya penggunaan media sosial di masyarakat semakin bervariatif, seperti dijadikan sebagai sarana mencari hiburan, menambah wawasan, berbisnis, bekerja dan salah satunya yaitu sebagai sarana dalam mengakses sebuah informasi. Mayoritas style yang digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu mereka cenderung menggunakan media sosial sebagai sarana hiburan dan sumber informasi yang paling mudah diakses. Penggunaan media sosial sebagai sarana akses informasi pada dasarnya dilatarbelakangi oleh lingkungan mahasiswa yang setiap harinya membutuhkan informasi untuk menunjang perkuliahan maupun menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui jenis media sosial yang digunakan oleh mahasiswa KPI Angkatan 2021 IAIN Ponorogo untuk mengakses informasi (2) menganalisis alasan mahasiswa KPI Angkatan 2021 IAIN Ponorogo dalam menggunakan media sosial sebagai sarana akses informasi (3) menganalisis hasil informasi yang didapatkan mahasiswa KPI Angkatan 2021 IAIN Ponorogo melalui media sosial (4) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penggunaan media sosial oleh mahasiswa KPI Angkatan 2021 IAIN Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan peneliti mendapatkan data tersebut dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah mahasiswa KPI IAIN Ponorogo Angkatan 2021.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Mayoritas media sosial yang digunakan untuk mencari informasi ialah YouTube, Instagram, dan Twitter (2) alasan dan hasil mahasiswa dalam menggunakan media sosial sebagai sarana akses informasi mencakup dari berbagai kebutuhan yaitu kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan pribadi secara integratif, kebutuhan sosial secara integratif, dan kebutuhan pelepasan (3) Kelebihan media sosial dalam mengakses informasi yaitu update informasi yang lebih cepat, jelas, lengkap, lebih efisien waktu. Kekurangannya yaitu masih banyak informasi hoax, tidak tersedianya filter informasi negatif, dan tidak adanya rujukan yang valid untuk dipertanggung jawabkan sebagai rujukan tugas kuliah, informasi yang tidak sesuai fakta yang dapat menggiring opini penonton.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 01:05
Last Modified: 15 Nov 2022 01:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20820

Actions (login required)

View Item View Item