..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Pola Komunikasi Kelompok dalam Pengembangan Desa Wisata "Kampung Anggur" oleh Karang Taruna di Desa Kunti Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo

Fabrianti, Afiffah Parwinda (2022) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Pola Komunikasi Kelompok dalam Pengembangan Desa Wisata "Kampung Anggur" oleh Karang Taruna di Desa Kunti Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang sangat membutuhkan komunikasi dalam kehidupannya. Hubungan ilmu komunikasi dengan kelompok terdapat dalam pengamatan untuk mencapai tujuan kelompok tersebut dengan fokus terhadap manusia-manusia didalamnya. Desa wisata merupakan program pemberdayaan untuk mengembangkan potensi juga asset yang ada di daerah guna peningkatan kesejahteraan masyarakatnya. Pengembangan Desa Wisata dimaksudkan sebagai salah satu upaya dalam mengurangi kemiskinan di suatu daerah dengan mengolah potensi lokal yang ada di daerah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi kelompok dalam pengembangan desa wisata kampung anggur oleh karang taruna, faktor pendukung dan penghambat serta langkah-langkah dalam mengembangkan desa wisata kampung anggur. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah Pola Komunikasi Kelompok yang dilakukan oleh Karang Taruna dibagi menjadi tiga yaitu pola komunikasi satu arah seperti penyebaran pamflet dan salah satu anggota karang taruna yang mengirimkan informasi melalui Group WhatsApp, kemudian pola komunikasi dua arah seperti kegiatan arisan dan rapat koordinasi, serta pola komunikasi multi arah seperti kegiatan pelatihan. Faktor pendukungnya berupa faktor kesadaran, kemauan, dan kesempatan. Sedangkan faktor penghambatnya berupa keterbatasan SDM, dan adanya konflik berupa perbedaan pendapat. Langkah-langkah dalam pengembangan Desa Wisata “Kampung Anggur” oleh Karang Taruna antara lain adalah promosi atau pemasaran Desa Wisata menggunakan Instagram, pengadaan angkringan “Warga NgAnggur” serta pendampingan dan pemeliharaan tanaman anggur.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Komunikasi Kelompok, Karang Taruna, Desa Wisata

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 01:04
Last Modified: 15 Nov 2022 01:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20819

Actions (login required)

View Item View Item