KEPRIBADIAN ANTISOSIAL PADA ANAK DISHARMONI KELUARGA DI DESA BANJAREJO NGARIBOYO MAGETAN

Aini, Mifta Mukhirotul (2022) KEPRIBADIAN ANTISOSIAL PADA ANAK DISHARMONI KELUARGA DI DESA BANJAREJO NGARIBOYO MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-Thesis Mifta Mukhirotul Aini.pdf

Download (922kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aini, Mifta Mukhirotul. 2022. Kepribadian Antisosial pada Anak Disharmoni Keluarga di Desa Banjarejo Ngariboyo Magetan. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhammad Nurdin, M.Ag.
Kata Kunci: Remaja, Kepribadian Antisosial, Disharmoni Keluarga.
Keluarga memiliki peran utama untuk membentuk kepribadian anak. Anak yang tumbuh di keluarga harmonis akan sangat baik perkembangan psikologisnya termasuk dalam kepribadiannya, sebaliknya anak yang hidup dikeluarga yang tidak harmonis akan mengalami permasalahan dalam psikologisnya salah satunya adalah dalam hal kepribadian. Karena adanya permasalahan tersebut pada anak disharmoni keluarga yang terjadi di Desa Banjarejo, maka penulis tertarik untuk mengkaji tentang kepribadian antisosial pada anak disharmoni keluarga di Desa Banjarejo Ngariboyo Magetan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu: observasi, dan wawancara. Informan untuk penelitian ini adalah 5 remaja Desa Banjarejo Ngariboyo Magetan yang memiliki kepribadian antisosial dikarenakan disharmoni keluarga. Dalam penelitian ini yang akan diteliti adalah bentuk-bentuk disharmoni keluarga di Desa Banjarejo Ngariboyo Magetan, bentuk-bentuk kepribadian antisosial pada anak disharmoni keluarga, dan cara mengatasi kepribadian antisosial pada anak disharmoni keluarga.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk disharmoni keluarga di Desa Banjarejo Ngariboyo Magetan meliputi: kegagalan dalam menjalankan peran, perceraian, dan kurangnya komunikasi antara orang tua dan anak. Sehingga dari bentuk-bentuk tersebut menimbulkan kepribadian antisosial pada anak yang diakibatkan dari disharmoni keluarga yaitu: 1. Tidak taat aturan, 2. Berperilaku kasar, 3. Jarang bergaul. Cara mengatasi kepribadian antisosial yang terjadi pada anak, dapat dilakukan dengan cara: mendapatkan dukungan dariorang-orang terdekat, melakukan kegiatan positif yang digemari, dan mengandalkan diri sendiri serta mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:44
Last Modified: 15 Nov 2022 00:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20811

Actions (login required)

View Item View Item