..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..KONTRIBUSI DINAS PERDAGANGAN KOPERASI DAN USAHA USAHA MIKRO DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PARA PEDAGANG DI PASAR LEGI PONOROGO PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Susanti, Susanti (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..KONTRIBUSI DINAS PERDAGANGAN KOPERASI DAN USAHA USAHA MIKRO DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PARA PEDAGANG DI PASAR LEGI PONOROGO PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
401180322_Susanti_Ekonomi Syariah.pdf

Download (960kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Susanti. Kontribusi Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Dalam Meningkatkan Daya Saing Para Pedagang Di Pasar Legi Ponorogo Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata Kunci: Dinas perdagangan, perspektif ekonomi islam.
Keberadaan pasar modern membuat pasar tradisional semakin terpuruk. Banyaknya Mall yang dibangun oleh pemerintah seperti Luwes, Poper, Keraton, dan Minimarket lainnya semakin terdesak. Banyaknya E-Comerce yang sekarang tengah booming juga membuat pedagang banyak kehilangan pelanggan. Oleh sebab itu pemerintah perlu melakukan adanya kebijakan dimana kebijakan tersebut mampu membuat para pedagang menghadapi daya saing ditengah banyaknya pasar modern.
Tujuan utama penelitian pada Dinas perdagangan Kabupaten Ponorogo ini mengacu pada peningkatan kesejahteraan masyarakat atau pelaku usaha dalam pespektif ekonomi islam, dimana dengan adanya campur tangan dari pemerintah mampu memberikan taraf hidup yang lebih layak kepada pelaku usaha. Untuk menganalisa peran dan strategi pemerintah khususnya pemerintah daerah Kabupaten Ponorogo dalam pengelolaan dan pengembangan pasar tradisional, serta merumuskan sebuah strategi sebagai pengembangan pasar tradisional khususnya Pasar Legi sehingga mampu bersaing dengan pasar modern. Dengan metode penelitian lapangan (field research).
Hasil penelitian pada Kontribusi Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Dalam Meningkatkan Daya Saing Para Pedagang Di Pasar Legi Ponorogo Perspektif Ekonomi Islam yaitu Peran Dinas Industri perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro dalam mempertahankan daya saing para pelaku usaha atau para pedagang dipasar legi Kabupaten Ponorogo adalah dengan cara melakukan pembinaan dan penataan pasar, sehingga dengan adanya program yang telah dibuat oleh pemerintah dan atas persetujuan para pelaku usaha maka program yang dibuat dapat dilaksanakan. Meskipun pada awalnya sulit untuk direalisasikan namun lama kelamaan program yang dibuat oleh pemerintah dibawah naungan Dinas Perdagangan dapat diterapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: LUTHFI HADI AMINUDDIN
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:42
Last Modified: 15 Nov 2022 00:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20807

Actions (login required)

View Item View Item