Motivasi Kajian Kitab Fatḥul Qorīb Al-Mujīb Untuk Meningkatkan Pemahaman Ibadah Ibu-Ibu Jama'ah Masjid Al-Mupala Beduri Kecamatan Ponorogo

Nurhidayati, Rahma (2022) Motivasi Kajian Kitab Fatḥul Qorīb Al-Mujīb Untuk Meningkatkan Pemahaman Ibadah Ibu-Ibu Jama'ah Masjid Al-Mupala Beduri Kecamatan Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180185_Rahma Nurhidayati_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nurhidayati, Rahma. 2022. Kajian Kitab Fatḥul Qorīb Al-Mujīb. Untuk Meningkatkan Pemahaman Ibadah Ibu-ibu Jama’ah Masjid AL-MUPALA Beduri Kecamatan Ponorogo. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci: Kitab Fathul Qorib Al Mujib, Pemahaman Ibadah

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman ibadah ibu-ibu jama’ah di Masjid AL-MUPALA seperti saat gerakan takbiratul ihrām, gerakan ruku’, gerakan I’tidal, gerakan sujud, gerakan tasyahud awal dan duduk tasyahud akhir jama’ah ibu-ibu disini masih ada gerakan waktu salat yang belum sempurna. Berdasarkan hal tersebut, pentingnya meningkatkan pemahaman ibadah ibu-ibu jama’ah yaitu dengan menggunakan kitab Fatḥul Qorīb Al-Mujīb ini ibu-ibu jama’ah akan mengetahui dan paham bagaimana ibadah yang sah secara fikih tersebut.

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui motivasi ibu-ibu dalam mengikuti kajian Kitab Fatḥul Qorīb Al-Mujīb di Masjid AL-MUPALA Beduri Kecamatan Ponorogo. 2) untuk mengetahui pemahaman ibu-ibu tentang konsep t ̣ahārah setelah mengikuti kajian Kitab Fathul Qorib Al-Mujib di Masjid AL-MUPALA Beduri Kecamatan Ponorogo. 3) untuk mengetahui pemahaman ibu-ibu tentang tata cara salat setelah mengikuti kajian Kitab Fatḥul Qorīb Al�Mujīb di Masjid AL-MUPALA Beduri Kecamatan Ponorogo.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan data.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Motivasi dari ibu-ibu jama’ah saat mengikuti kajian tersebut terbagi menjadi dua yaitu tmotivasi Intrinsik dan motivasi Ekstrinsik. (2) Peningkatan pemahaman ibadah ibu-ibu jama’ah setelah mengikuti kajian Kitab Fatḥul Qorīb Al-Mujībtentang konsep ṭahārah disini sudah bisa dikatakan semakin baik. Pemahaman dari ibu-ibu jama’ah mengenai konsep ṭ ahārah disini yaitu paham mengenai air apa saja yang bisa untuk bersuci, tata cara bertayamum, dan lain sebagainya. (3) Hasil dari peningkatan pemahaman ibadah ibu-ibu jama’ah setelah mengikuti kajian Kitab Fatḥul Qorīb Al-Mujīb tentang salat disini semakin baik. Disini dibandingkan pemahaman materi dan praktiknya ibu-ibu jama’ah disini lebih paham ke praktiknya. Pemahaman ibu-ibu mengenai salat disini yaitu paham mengenai tata cara salat bagi orang sakit, tata cara gerakan Takbīratulīh ̣rām yang benar, tata cara gerakan ruku’ yang benar, mengetahui apa saja yang membatalkan salat, mengetahui tata cara gerakan sujud yang benar, mengetahui syarat wajib salat dan syarat salat, dan mengetahui makruh salat.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: AB. Musyafa'Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:41
Last Modified: 15 Nov 2022 00:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20806

Actions (login required)

View Item View Item