Perspektif Hukum Islam Tentang Pembagian Peran Suami Istri Pada Keluarga Yang Berprofesi Sebagai Dosen IAIN Ponorogo

zulnaitin istiqomah, marsumi (2022) Perspektif Hukum Islam Tentang Pembagian Peran Suami Istri Pada Keluarga Yang Berprofesi Sebagai Dosen IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MARSUMI ZULNAITIN I-101180074-HKI 2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Istiqomah, Marsumi Zulnaitin, 2022. Perspektif Hukum Islam tentang Pembagian Peran Suami Istri pada Keluarga yang Berprofesi sebagai Dosen IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Isnatin Ulfah, M.H.I.

Kata kunci/keywod: Hukum Islam, Pembagian Peran Suami Istri, Dosen IAIN Ponorogo

Relasi kedudukan suami istri dalam keluarga merupakan hubungan hukum yang menjelaskan tentang posisi suami istri dalam kehidupan rumah tangga. Relasi antara laki-laki dan perempuan dalam konteks keluarga secara konseptual dilakukan berdasarkan prinsip memperlakukan pasangan dengan baik yang terwujud melalui keseimbangan hak dan kewajiban. Namun faktanya dalam keluarga karir yang berprofesi sebagai dosen masih terdapat istri yang melakukan peran ganda dalam kehidupan rumah tangganya terutama dalam urusan domestik seperti mengasuh anak, mencuci, dan membersihkan rumah, sedangkan dalam peran publik mereka juga sama-sama aktif dalam melakukan kegiatan selain sebagai dosen. Dalam penelitian ini menggunakan teori hukum Islam menurut ulama kontemporer yaitu Nasaruddin Umar dan Husein Muhammad, kedua tokoh tersebut dipilih karena mencoba untuk melihat perubahan-perubahan terhadap hukum Islam masa kini dan pemikirannya menarik pada konteks sekarang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap pembagian peran domestik suami istri yang berprofesi sebagai dosen? (2) Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap pembagian peran publik suami istri yang berprofesi sebagai dosen?
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan normatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan peneliti adalah metode deduktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembagian peran domestik yang terjadi pada suami istri yang sama-sama berprofesi sebagai dosen IAIN Ponorogo ditinjau dari perspektif hukum Islam menurut Husein Muhammad dan Nasaruddin Umar dari keempat keluarga, tiga di antaranya masih belum sesuai dengan pendapat ulama kontemporer hal itu karena istri masih dominan dalam melakukan peran domestik dan adanya ketidakadilan yang terjadi karena dalam hal ini baik suami maupun istri sama-sama bekerja. Adapun peran publiknya yang dilakukan keluarga yang sama-sama berprofesi sebagai dosen telah sesuai dengan hukum Islam karena mereka sama-sama aktif dalam ranah publik, baik suami maupun istri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Isnatin Ulfah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:40
Last Modified: 15 Nov 2022 00:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20803

Actions (login required)

View Item View Item