TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PEMBAGIAN HARTA WARIS DENGAN CARA HIBAH (Studi Kasus di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo)

Ilmi, Muhammad Maftuch Bahrun (2022) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM TERHADAP PEMBAGIAN HARTA WARIS DENGAN CARA HIBAH (Studi Kasus di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Muhammad Maftuch Bahrun Ilmi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Ilmi, Muhammad Maftuch Bahrun, 2022. Tinjauan Sosiologi Hukum Terhadap Pembagian Harta Waris Dengan Cara Hibah (Studi Kasus di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Farida Sekti Pahlevi, S.Pd., S.H., M.Hum.
Kata Kunci: Sosiologi Hukum, Harta Waris, Hibah.

Pembagian yang dilakukan oleh beberapa keluarga di Desa Sukorejo dilakukan dengan cara hibah. Fenomena di atas salah satunya disebabkan oleh sistem kekeluargaan parental atau bilateral yang diterapkan dalam keluarga jawa. Pembagian yang dilakukan beberapa keluarga di Sukorejo dengan menghibahkan
hartanya kepada anaknya melebihi 1/3 dari hartanya dan dibagikan habis kepada ahli warisnya yang natinya akan dianggap sebagai warisan. Maka fenomena mengenai pembagian harta waris dengan cara hibah yang melebihi batasan 1/3 dari
harta pewaris dapat dianalisis mengguakan sosiologi hukum. Karena dalam sosiologi hukum memandang hukum dari luar hukum. Sosiologi hukum mencoba untuk memperlakukan sistem hukum dari sudut pandang ilmu sosial.
Rumusan masalah yang diambil berdasarkan latar belakang diatas adalah bagaimana tinjauan sosiologi hukum terhadap praktik pembagian harta waris dengan cara hibah di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo dan bagaimana tinjauan sosiologi hukum terhadap dampak praktik pembagian harta waris dengan cara hibah di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo.
Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan menggunakan metode deduktif yakni memaparkan teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan fakta lalu menarik kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Praktik pembagian waris dengan cara hibah yang dipraktekan masyarakat Desa Sukorejo disebabkan beberapa hal yang membuat pembagian ini terus dilakukan sampai sekarang seperti salah satunya adalah keingian orang tua atau pewaris untuk mengontrol langsung pembagian harta yang akan ditinggalkannya dengan harapan tidak ada perselisihan yang akan terjadi antar ahli waris sepeninggalnya.
2. Selain itu pembagian harta waris dengan cara hibah yang diparaktekan membawa beberapa dampak buruk, seperti salah satunya perselisihan antar ahli waris.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Sekti Pahlevi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:38
Last Modified: 15 Nov 2022 00:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20801

Actions (login required)

View Item View Item