Pencarian Jodoh Secara Online Dan Dampaknya Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi)

Sa'adah, Nila (2022) Pencarian Jodoh Secara Online Dan Dampaknya Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NILA SA'ADAH-101180091-HKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sa’adah, Nila. 2022. Pencarian Jodoh Secara Online dan Dampaknya Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.

Kata Kunci: Hukum Islam, Pencarian Jodoh secara Online, Keluarga Sakinah

Kemajuan teknologi dan informasi sekarang ini sangatlah cepat terutama bidang komunikasi. Sering kali orang terlalu susah untuk mencari pasangan hidup dikarenakan sibuk dan beban kerja yang semakin meningkat, dan sulitnya mencari pasangan yang sesuai dengan kriteria yang diharapkan sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam pencarian jodoh. Kehadiran media sosial memberikan kemudahan bagi masyarakat Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi yang kesusahan dalam hal mencari jodoh. Sehingga mereka memanfaatkan media sosial yang mereka miliki untuk menjadi solusi mencari jodoh yakni melalui aplikasi Facebook, Whatsaap, Telegram, dan Tinder.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik pencarian jodoh secara online di Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi. 2) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap dampak pencarain jodoh secara online dalam mewujudkan keluarga sakinah di Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini dapat disimpulan: (1) Praktik pencarian jodoh secara online yang dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi sudah sesuai dengan hukum Islam. Pada hukum Islam praktik pencarian jodoh secara online melalui media sosial diperbolehkan karena hal ini berdasarkan QS. An-Nur Ayat 32 dan QS. Al-Hujurat Ayat 13. (2) Dampak pencarian jodoh secara online dalam mewujudkan keluarga sakinah terhadap masyarakat Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi yakni didukung dengan pelaksanaan penelusuran secara cermat dan tepat terkait bibit (garis keturunan), bebet (status sosial ekonomi), dan bobot (kepribadian dan pendidikan) terhadap pasangannya. Bahwasanya hal tersebut menjadi patokan terwujudnya keluarga sakinah pada pasangan yang melakukan pencarian jodoh secara online di Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh.Mukhlas
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:37
Last Modified: 15 Nov 2022 00:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20799

Actions (login required)

View Item View Item