Penerapan Metode Bercerita Pada Pembelajaran Aqidah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Santri Awaliyah di Madrasah Diniyah Darus Sa'adah Desa Japan Babadan Ponorogo

Eka Sari, Puspita (2022) Penerapan Metode Bercerita Pada Pembelajaran Aqidah Untuk Meningkatkan Minat Belajar Santri Awaliyah di Madrasah Diniyah Darus Sa'adah Desa Japan Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_201180179_PUSPITA EKA SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Eka Sari, Puspita. 2022.Penerapan Metode Bercerita Pada
Pembelajaran Aqidah Untuk Meningkatkan Minat
Belajar Santri Awaliyah di Madrasah Diniyah
Darus Sa’adah Desa Japan Babadan Ponorogo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr.
Muhammad Ali, M.Pd.
Kata kunci : Metode Bercerita, Pembelajaran Aqidah,
Santri, Minat Belajar, Madrasah Diniyah
Pembelajaran Aqidah merupakan suatu proses yang
dilakukan oleh seorang guru tentang segala hal yang
berkaitan dengan materi keagamaan. Pemberian materi
Aqidah ini penting sekali untuk dilakukan atau diterapkan
pada para santri khususnya santri di Madrasah Diniyah
Darus Sa’adah. Alasan kenapa santri Madrasah Diniyah ini
diharuskan untuk memahami materi Aqidah yaitu karena
banyaknya para santri yang minat belajarnya kurang atau
rendah. Dimana para santri tersebut beranggapan bahwa
pembelajaran Aqidah ini sangatlah membosankan
dikarenakan kurangnya rasa ketertarikan santri pada
pembelajaran Aqidah, fokus santri juga belum bisa
terkendali dan santri juga merasa kurang dilibatkan pada
saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu,
sebagai guru PAI harus bisa mencari strategi belajar yang
kemungkinan bisa menarik perhatian santri terhadap
pembelajaran Aqidah. Adapun strategi yang digunakan pada
permasalahan ini yaitu dengan menerapkan metode
bercerita. Dimana metode bercerita ini merupakan salah satu metode ajar yang menggunakan sebuah cerita yang akan
diberikan kepada santri, yang mana cerita tersebut berkaitan
dengan materi pembelajaran Aqidah yang akan diajarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
dari penerapan metode bercerita pada pembelajaran Aqidah
mampu meningkatkan minat belajar santri awaliyah di
Madrasah Diniyah Darus Sa’adah desa Japan Babadan
Ponorogo. Hal tersebut dilakukan karena adanya
permasalahan yang dihadapi oleh Madrasah Diniyah terkait
minimnya minat belajar santri awaliyah pada pembelajaran
PAI yaitu pembelajaran Aqidah. Dengan adanya tujuan
penelitian ini, maka peneliti akan mengetahui berhasil atau
tidaknya penerapan metode bercerita pada pembelajaran
Aqidah untuk mengatasi minimnya minat belajar santri.
Dalam penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dimana dalam setiap
siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Dan data dikumpulkan melalui observasi,
dokumentasi dan angket. Dan objek penelitian ini yaitu
santri awaliyah di Madrasah Diniyah Darus Sa’adah yang
berjumlah 15 santri.
Hasil dari penelitian ini, telah ditemukan bahwa
penerapan metode bercerita pada pembelajaran Aqidah ini
dapat meningkatkan minat belajar santri. Hal tersebut dapat
dilihat dari pada tahap siklus I, minat belajar santri pada
pembelajaran Aqidah mendapatkan presentase 52,8% dalam
kriteria kurang. Dan dilanjutkan pada penelitian siklus II,
dimana pada siklus II ini minat belajar santri pada
pembelajaran Aqidah mengalami peningkatan yang sangat
pesat. Hasil yang didapatkan pada siklus II ini yaitu sebesar
81,9% yang dikategorikan minat belajar sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:36
Last Modified: 15 Nov 2022 00:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20797

Actions (login required)

View Item View Item