..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULAG)..POLA PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA AKAD SALAM (STUDI KASUS PADA TATA NIAGA GABAH DI DESA SEMANDING KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO)

Safitri, Mia Nur (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULAG)..POLA PENYELESAIAN WANPRESTASI PADA AKAD SALAM (STUDI KASUS PADA TATA NIAGA GABAH DI DESA SEMANDING KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
102180019_MIA NUR SAFITRI_HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suatu akad termasuk akad salam dapat dikatakan sah apabila dilaksanakan dengan memenuhi rukun dan syarat yang telah ditentukan dan disepakati. Apabila suatu akad dilaksanakan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku oleh salah satu pihak, maka tindakan pihak tersebut dalam hukum disebut sebagai wanprestasi. Akad salam seperti demikian juga terjadi di Desa Semanding Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Dari hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti terdapat tindakan tidak sesuai dengan ketentuan dalam jual akad salam yang dilakukan oleh penjual, dan tindakan ini disebut sebagai wanprestasi. Untuk menyeselaikan masalah wanprestasi tersebut dapat menggunakan beberapa cara yang telah ada penjelasannya dalam ekonomi syariah dan kitab hukum lainnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana praktik akad salam pada jual beli gabah di Desa Semanding Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro? (2) Bagaimana penyelesaian wanprestasi pada akad salam dalam kasus tata niaga gabah di Desa Semanding Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro?
Guna menjawab kedua rumusan masalah di atas peneliti menggunakan pendekatan studi kasus. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif (field research) dengan teknik wawancara untuk menggali data yang dibutuhkan kemudian menganalisisnya.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di Desa Semanding Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro dapat disimpulkan: (1) bahwa akad salam yang terjadi di Desa Semanding Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro telah sesuai dengan ketentuan hukum Islam ataupun fikih muamalah berkaitan dengan rukun dan syaratnya. Adapun dalam pelaksanaanya masih belum sesuai dengan ketentuan hukum Islam dan fikih muamalah karena penjual tidak melaksanakan kesepakatan sebagaimana yang dijanjikan kepada pembeli. (2) Adapun penyelesaian wanprestasi antara penjual dan pembeli pada akad jual beli salam yang terjadi di Desa Semanding Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro dilaksanakan melalui jalur s}ulhu (perdamaian). Penjual meminta maaf kepada pembeli karena tidak dapat memenuhi prestasinya berupa menyediakan barang yang dipesan oleh pembeli dan mengembalikan sejumlah uang yang sudah dibayar oleh pembeli kepada penjual sebagai tanda jadi pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:29
Last Modified: 15 Nov 2022 00:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20784

Actions (login required)

View Item View Item