Tinjaun Psikologi Keluarga Islam terhadap Kasus Khulu' pada Masa Pandemi (Studi Kasus di Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo)

Ahmad, Habib Rohman (2022) Tinjaun Psikologi Keluarga Islam terhadap Kasus Khulu' pada Masa Pandemi (Studi Kasus di Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HABIB ROHMAN AHMAD_101180147_HKI_PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rohman Ahmad, Habib. 2022. Tinjauan Psikologi Keluarga Islam terhadap Kasus Khulu’ pada Masa Pandemi (Studi Kasus di Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Niswatul Hidayati, M.H.I.

Kata Kunci: Hak-Hak Istri, Fungsi-Fungsi Keluarga, Cerai Gugat (Khulu’)
Dalam teori psikologi keluarga dijelaskan bahwasanya Islam telah menjadikan suami dan istri berdasarkan dasar-dasar yang jelas dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip agama sesuai dengan ayat Al-Qur’an dalam QS. Al-Baqarah ayat 228. Dalam teori ini terdapat dua hak-hak istri atas suami yaitu (1) hak meminta nafkah, (2) hak mendapatkan perlakuan baik. Istri berhak memperoleh hak perlakuan baik dari suami sebagai perwujudan dari komitmen dan tujuan pernikahannya. Namun faktanya yang terjadi di Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo justru seorang istri tidak memperoleh haknya dari seorang suami, sehingga timbulnya cerai gugat (khulu’) yang terus meningkat pada masa pandemi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tinjauan psikologi keluarga Islam terhadap pemenuhan hak-hak istri dalam kasus khulu’pada masa pandemi di Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo? Bagaimana tinjauan psikologi keluarga Islam terhadap dampak kasus khulu’ pada masa pandemi di Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dan termasuk juga ke dalam penelitian lapangan (field research). Peneliti mencari data langsung kepada hakim Pengadilan Agama Ponorogo dan juga pihak-pihak yang telah melakukan cerai gugat (khulu’) di wilayah Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pemenuhan hak-hak istri dalam kasus khulu’ pada masa pandemi di Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo ini ternyata belum dilaksanakan secara maksimal. Pada masa pandemi ini seorang istri tidak memperoleh haknya atas suami, seperti hak meminta nafkah dan juga memperoleh perlakuan yang baik. Sehingga hal tersebut memicu timbulnya kasus cerai gugat (khulu’). (2) Dampak kasus khulu’ pada masa pandemi di Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo yaitu timbulnya dampak positif dan juga dampak negatif. Dampak positifnya yaitu mereka para istri setelah perceraian justru perekonomian semakin membaik. Sedangkan dampak negatifnya yaitu sulit percaya dengan orang lain, kemudian dampak terhadap anak yaitu mental terganggu karena merasa kurang kasih sayang dari orang tua yang utuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Niswatul Hidayati
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:26
Last Modified: 15 Nov 2022 00:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20781

Actions (login required)

View Item View Item